Sabtu, 18 Juli 2015

6 Umpan Mancing Ikan Lele Malam Hari

6 Umpan Mancing Ikan Lele Malam Hari adalah jenis ikan perairan tawar yang cukup menarik dijadikan sebagai target mancing. Rata-rata memiliki senjata penyengat berupa semacam kumis yang sebetulnya adalah sirip yang dapat melukai tangan orang yang memegangnya bila tak waspada. Gerakan ikan yang satu ini termasuk gesit dan suka hidup secara berkelompok dengan perkembangbiakan yang cepat saat musim hujan. Wajar sekali jika banyak orang memilih ikan Lele untuk dibudidayakan untuk dijual sebagai pilihan sumber protein hewani yang cukup tinggi.
Ikan Lele sering dijumpai di sungai, empang atau sawah yang memiliki genangan air, rawa, telaga, waduk, got dan saluran pembuangan. Ikan yang satu ini memang memiliki toleransi yang tinggi terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim. Ikan Lele memiliki sifat nokturnal atau aktif berburu makanan di malam hari sementara di siang harinya ikan ini akan bersembunyi atau berlindung di sarang dengan kondisi gelap. Karena sifat nokturnal-nya itu maka memancing ikan Lele sebaiknya memang dilakukan di malam hari.

Beberapa Umapn Mancing Lele Malam

Anda yang hobi memancing dan ingin menargetkan ikan yang satu ini, berikut beberapa macam umpan mancing ikan Lele malam hari yang bisa digunakan :

Jangkrik

Salah satu umpan yang cukup berhasil untuk mendaratkan ikan Lele terutama yang berada di sungai atau kolam. Untuk memasangkannya ke kail maka sebelumnya kepala dan kaki jangkrik dihilangkan, kemudian tusukkan kail dari leher terus ke belakang bawah. Selanjutnya tubuh jangkrik sedikit ditekan agar isi perutnya bisa agak keluar. Akan lebih baik lagi jika sebelumnya dibakar sebentar agar aromanya keluar.

Cacing

Umpan mancing ikan Lele malam hari yang satu ini termasuk umpan yang sering digunakan terutama untuk spot sungai dan kolam. Gunakan cacing sawah yang berwarna merah. Atau cacing tanah yang berwarna putih kemerahan dengan semacam ada cincin di bagian lehernya. Pemasangan di kail bisa dengan mengisinya hingga 5 cacing untuk satu kail pancing.

Kodok

Kodok pun menjadi umpan favorit ikan Lele ukuran besar. Sebaiknya pilih kodok berukuran kecil dan gunakan untuk memancing ikan Lele di sungai.

Ikan-ikan ukuran kecil

Untuk memancing ikan Lele di sungai bisa juga digunakan umpan berupa potongan ikan-ikan kecil seperti ikan Cemplon, ikan Gathul dan yang sejenisnya. Umpan jenis ikan ini biasanya akan disambar ikan Lele berukuran besar.

Usus ayam

Sebelumnya rendam dulu usus ayam ini ke dalam minyak ikan beberapa lama agar aromanya makin tajam. Kemudian pasangkan ke kail dengan menggulung-gulungkan usus ayam hingga kail tertutupi. Umpan ikan Lele ini cocok bila spot memancingnya adalah kolam.

Daging ayam

Umpan ikan Lele yang satu ini cocok bila dipakai ketika mengikuti lomba mancing ikan Lele. Sebelumnya kukus daging ayam hingga matang, sesudah itu suwir kecil memanjang. Kail ditancapkan di pertengah suwiran daging ayam tersebut dengan diisi boleh hingga 5 potong. Agar hasilnya bisa lebih maksimal maka celupkan lebih dahulu dalam kocokan kuning telur bebek sesaat sebelum dilempar ke air.

6 Umpan Mancing Ikan Lele Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri