Jumat, 17 Juli 2015

Alternatif Umpan Mancing Ikan Mujair di Danau Selain Lumut

Alternatif Umpan Mancing Ikan Mujair di Danau Selain Lumut - Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) berasal dari perairan Afrika tepatnya di perairan negara Mozambik. Dinamakan ikan Mujahir sebab pak Mujahir lah yang pertama kali menemukan ikan ini di Indonesia. Memiliki bentuk tubuh pipih dengan warna sisik hitam keabu-abuan dengan panjang bisa mencapai 40 cm. Ikan yang satu ini memiliki toleransi tinggi terhadap perairan berkadar garam tinggi meski habitat aslinya adalah air tawar.Oleh sebab itu ikan ini pun sering dijumpai di kawasan muara sungai yang berair payau.
Tips Jitu Teknik Memancing,umpan mancing ikan air tawar,ikan gabus, di rawa,di tambak,mujair nila, umpan mancing ikan patin di danau,

Habitat asli ikan Mujahir sendiri adalah di perairan sungai, waduk, tambak, situ, rawa dan juga danau. Kebanyakan para pemancing hanya mengetahui jikan umpan memancingnya biasa atau sdh lumrah adalah lumut. Namun melihat sifat ikan Mujahir liar yang sangat rakus maka kemungkinan besar ikan ini pun mau bila diberikan umpan selain lumut. Beberapa alternatif umpan mancing di danau berikut ini bisa dipilih saat anda ingin membawa pulang ikan yang satu ini.

Umpan Mancing Mujair

Kupu-kupu

Jenis serangga yang satu ini memang asalnya dari ulat sehingga tak heran jika ikan Mujahir pun menyukainya. Kecuali kupu-kupu, anda pun dapat menggunakan Jangkrik dan Capung. Logikanya gampang saja, di danau biasanya banyak tumbuh lumut di permukaan air, terlebih karakteristik air danau adalah tenang dan tak banyak arus yang terjadi. Jika banyak lumut di sana tentunya ikan Mujahir danau sudah bosan dengan umpan lumut. Oleh karena itu alternatif umpan mancing ikan Mujair di danau ya digunakan bahan-bahan lain selain lumut.

Ulat Belimbing

Sesuai namanya ulat yang satu ini ditemukan di buah Belimbing. Buah Belimbing saat musim hujan biasanya memiliki buah yang rusak karena terserang ulat. Anda cukup mengambil buah Belimbing beberapa, kemudian belah dan ambil ulat di dalamnya. Kecuali ulat Belimbing jenis ulat lain yang juga bisa digunakan sebagai umpan ikan Mujahir adalah ulat Pisang. Ulat ini umumnya ditemukan di daun pisang yang hijau, sementara jika daun Pisangnya kering ulat sudah bermetamorfosis menjadi kepompong.

Cacing

Ada beberapa jenis cacing yang dapat digunakan sebagai umpan ikan Mujahir ini yaitu cacing merah, cacing kristal, cacing kalung dan cacing susu. Bila menggunakan umpan cacing,cukup gunakan seekor saja untuk satu kail.

Udang

Biasa digunakan jenis udang air tawar yang kemudian diberikan sedikit essen udang untuk menguatkan rasa umpan.

Laron

Ternyata Laron yang sering keluar di kala peralihan musim kemarau ke musim penghujan pun diminati ikan Mujahir terutama yang berhabitat di danau atau waduk.

Ulat beras

Adalah salah satu umpan mancing ikan Mujahir yang cukup ampuh. Ulat beras sering dijumpai di tempat penyimpanan beras yang lama tak dibuka sehingga beras menjadi menggumpal. Di dalam gumpalan beras itu biasanya ditemukan ulat kecil yang satu ini. Ikan Mujahir, ikan Emas dan ikan Nila sangat suka dengan jenis umpan ini.

Alternatif Umpan Mancing Ikan Mujair di Danau Selain Lumut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri