Cara Cara Mancing Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri dikategorikan sebagai ikan pelagis yaitu ikan yang lebih banyak menghabiskan waktunya di permukaan air. Ikan ini terkenal dengan kecepatan renangnya yang bak terpedo di dalam air. Cara mancing ikan Tenggiri salah satunya dengan teknik ngoncer. Kendati begitu beberapa pemancing pun ada yang menggunakan teknik trolling. Jenis umpan yang kerap dipakai sejumlah pemancing ialah ikan Kembung dalam keadaan hidup. Para pemancing yang senang dengan teknik trolling umumnya akan menggunakan ikan hidup yang tak gampang mati meski kapal dijalankan dengan kecepatan sangat pelan.
umpan mancing tenggiri,cara memancing ikan tenggiri,pancing ikan tenggiri,cara mancing ikan gabus,cara mancing ikan mujair,cara mancing ikan kerapu,cara mancing ikan patin,

Cara Mancing Ikan Tenggiri

 Saran Cara Cara Mancing

Cara Memasang Umpan

Agar umpan tetap hidup maka diperlukan teknik tertentu saat memasang kail ke umpan. Untuk cara mancing ikan Tenggiri digunakan kail ukuran 5 hingga 7. Sementara untuk perambutnya menggunakan kelas 80 pounds sampai 120 ppunds. Dan jika tak memakai wire Leader maka boleh juga digunakan mono leader dengan kelas dari 60 pounds sampai 120 pounds.

Menabur Umpan Chumming


Dan supaya ikan-ikan kecil sebagai mangsa bagi ikan Tenggiri selalu mengumpul di satu titik saja maka caranya dengan menebarkan umpan chumming atau menggunakan ikan kembung mati untuk memancing respon dari ikan Tenggiri. Perilaku ikan Tenggiri yang biasa menyambar dengan cepat umpan yang diberikan pastinya akan menyebabkan senar terulur hingga puluhan meter. Dan bila mendadak reel pancing berderit keras itu artinya umpan sedang dibawa lari ikan Tenggiri berenang dengan kecepatan tinggi. Namun itu seringnya tak berlangsung lama sebab ikan Tenggiri akan segera kelelahan dan akan segera melambat.

Cara Biar Senar Tidak Putus


Antisipasinya adalah dengan menyetel drag dengan kekuatan 30 persen dari kekuatan senar. Dengan begitu ketika ikan Tenggiri membawa lari umpan anda tak perlu panik senar akan putus. Sesudah perjuangan ikan Tenggiri menurun maka saatnya anda yangmenghajar ikan ini. Gerakkan joran naik turun. Tarik joran ke atas kemudian turunkan sembari memutar engkol reel. Tidak usah tergesa-gesa, kuasai keadaan sampai ikan Tenggiri mencapai lambung kapal. Bila ikan Tenggiri berenang menujuh kapal maka anda mesti menggulung reel secepatnya. Jika keadaan senar menegang anda harus hati-hati supaya ikan Tenggiri tak memberikan perlawanan.

Ragam Teknik Memancing

Cara mancing ikan Tenggiri dapat pula menggunakan cara trolling. Memancing teknik trolling atau disebut juga dengan memancing tunda yakni memancing di atas kapal yang melaju pelan. Umpan diulur di belakang kapal sembari kapal dijalankan. Umpan yang kerap dipakai untuk mancing ikan Tenggiri bisa bermacam macam. Bisa menggunakan umpan artifisial (lures) maupun umpan alami. Umpan buatan bisa menggunakan jenis rapala ataupun konahead. Sementara untuk umpan alami ikan Tenggiri seringnya digunkan ikan kembung atau ikan tongkol. Ketika digunakan teknik mancing trolling maka yang memangsa umpan tidak cuma ikan Tenggiri saj namun ada kalanya juga diangkat ikan Alu Alu, ikan Wahu, ikan Layar dan beberapa jenis ikan pelagis yang lain.

Cara Cara Mancing Ikan Tenggiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri