Selasa, 21 Juli 2015

Cara Mancing Casting dan Peralatannya

Cara Mancing Casting dan Peralatannya  - Mancing bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai aktifitas yang menjemukan. Sekilas dilihat pemancing yang duduk tercenung di tepi empang sambil memandangi air di depannya dan berharap joran yang digunakan bergerak-gerak pertanda ada ikan nyangkut di kail. Namun coba tanyakan kepada para penghobi mancing, tentu mereka akan menjawab kegiatan yang satu ini tiada duanya, sangat mengasyikkan terlebih saat fight dengan ikan tangkapan dan berhasil Strike. Kepuasan yang tiada terkira.

cara mancing casting di sungai,cara mancing casting di danau,mancing casting barramundi,umpan mancing casting,mancing casting di laut,mancing casting malam hari,mancing casting gabus,

Cara Mancing Casting dan Peralatannya


Berbicara tentang mancing dan caranya, ada satu teknik yang kerap digunakan oleh para angler yaitu teknik casting. Cara mancing casting secara umum adalah teknik mancing yang biasanya dilakukan di pinggir perairan (pantai, danau, sungai atau di atas kapal). Caranya dengan melemparkan kail sejauh mungkin ke tengah perairan di mana diduga ada gerombolan ikan yang di target untuk kemudian reel digulung cepat, begitu terus menerus sampai mendapatkan hasil. Tarikan diperlukan supaya umpan bergerak yang akan membuat gaya tersendiri yang bisa menarik perhatian ikan target agar memangsanya. Umpan mancing casting biasanya menggunakan umpan tiruan (lure).

Umpan tiruan atau lures ini memiliki bentuk serupa dengan hewan air diantaranya menyerupai udang, katak, cumi-cumi, ikan kecil dan sebagainya. Bahan yang digunakan untuk membuat lures ini pun bermacam-macam. Ada yang dari karet, fiber, kayu, logam dan juga kayu. Dalam memancing casting ini beberapa peralatan perlu disiapkan.

Peralatan Mancing

- Joran

Untuk memancing gaya casting di sungai atau empang umumnya memanfaatkan joran berukuran mulai 180 cm hingga 210 cm dengan level kekuatan 10 lbs hingga 15 lbs. Sementara mancing casting di muara dan pantai dapat dipilih yang lebih panjang.

- Reel

Boleh memakai reel tipe baitcasting atau spinning. Dengan ukuran 1000-2000. Menggunakan ukuran tersebut di samping tak membutuhkan kenur yang terlalu panjang juga akan lebih enteng di tangan sesuai dengan joran yang digunakan.

- Senar

Kenur atau senar yang dipakai paling pas jika memilih ukuran 0.25 bila menggunakan jenis senar monofilament. Sementara untuk jenis senar braided atau PE dapat memilih standar 20 lbs atau PE 2. Kalangan pemancing castinger kerap menamakannya dengan senar PE 1 (10 lbs), senar PE 1,5 (15 lbs) dan senar PE 2 (20 lbs). Tak ada ukuran ideal namun jika memiliki uang lebih boleh lah membeli senar PE berukuran kecil namun memiliki kekuatan besar. Ini akan menentukan kelenturan saat melempar umpan ke tengah perairan.

- Leader

Pada cara mancing casting lebih-lebih yang memakai senar jenis PE maka dibutuhkan juga leader yang ditempatkan pada ujung senar PE yang kemudian diikat ke umpan tiruan. Peran leader tersebut adalah pengarah senar PE ketika casting dan menjadi peredam guncangan ketika terjadi strike. Seperti diketahui senar PE tak bersifat lentur sehingga harus ditambahkan leader yang memiliki sifat elastis. Jika hasil pancingan diangkat maka digunakan leader untuk menaikkannya.

Target cara mancing casting ini biasanya adalah jika di kolam yakni ikan Bawal. Jika di sungai biasanya ikan Hampala sementara jika di muara ialah ikan cendro, barakuda, dan ikan Giant Trevaly size kecil.

Cara Mancing Casting dan Peralatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri