Cara Mancing Ikan Baung

Ikan Baung (Mystus Nemurus) memiliki kekerabatan dengan ikan Lele. Ikan yang ditemukan di perairan Cina selatan, India dan Asia Tenggara ini pun memiliki banyak sebutan lain misalnya ikan Baong di Malaysia, ikan Bawon di Betawi dan ikan Tageh di Jawa. Dia memiliki tubuh memanjang dengan kulit yang licin namun tidak memiliki sisik seperti halnya  ikan lain. bentuk kepala kasar dan terdapat 3 pasang sungut di seputar moncong. Sirip dada dan sirip punggung terdapat duri patil yang beracun. Bagian kepala dan badan bagian atas warnanya coklat agak hitam hingga tengah tubuhnya, agak putih ke arah bawah tubuhnya.
cara mancing ikan baung, mancing ikan baung paling jitu umpan sungai, tips jitu teknik memancing,

Cara Mancing Ikan Baung

Sekilas Tentang Mystus Nemurus

Ikan Baung biasa ditemukan di perairan air tawar seperti di sungai, danau maupun rawa-rawa. Bisa juga Ikan ini ditemukan di muara sungai dengan airnya yang payau. Memiliki kebiasaan berkelompok di dasar air dengan membuat tempat persembunyian berbentuk lubang di dasar perairan. Mystus Nemurus senang dengan tempat tersembunyi dan menunggu gelap sebelum beraktifitas. Sesudah gelap, ikan ini akan keluar sarang untuk mencari makan namun hanya di seputaran sarang dan secepatnya masuk kembali jika muncul bahaya. Alam di habitatnya ikan Baung dikategorikan sebagai ikan pemakan semua atau omnivora. Akan tetapi ada pula yang mengelompokkannya ke dalam ikan karnivora sebab lebih sering memangsa binatang air berukuran kecil misalnya ikan-ikan kecil, udang, serangga, remis dan keong.

Langkah Cara Memancing Target ikan

Namun cara mancing ikan Baung dengan spot di sungai umumnya menggunakan umpan berupa ramuan berbagai macam daging hewan busuk. Dalam memancing wilayah Sumatera Selatan biasanya digunakan umpan yang dinamakan kucur. Kucur adalah umpan yang dibuat dari campuran usus ayam, isi perut ikan, telur itik dan kapas. Keempat bahan tadi kemudian dicampurkan menjadi satu dan dibusukkan yang akibatnya menghasilkan bau menyengat busuk yang bisa menggoda penciuman predator dalam air. Fungsi kapas sendiri berfungsi sebagai semacam perekat sehingga gampang dikaitkan ke kail. Demikian baunya umpan Kucur ini sehingga sebagian pemancing pun akan terganggu. Umpan mancing ikan Baung berupa Kucur ini sangat ampuh mendaratkan banyak ikan dan tak hanya ikan Baung saja.

Mancing Baung Sungai pertama-tama cari spot dimana dia bersembunyi misalnya di bagian lubuk yaitu bagian sungai yang dalam dengan air yang tenang. Ambil sedikit umpan Kucur (berbentuk kapas), kemudian lilitkan kapas tersebut ke kail layaknya memasang umpan berupa lumut. Tahan napas bagi mereka yang tak tahan dengan bau busuk umpan yang sangat tajam. Lalu lemparkan umpan ke area yang diduga terdapat ikan Baung yang bersembunyi. Biasanya tak berapa lama umpan akan disambar oleh rakus ini yang tergoda dengan bau umpan menyengat itu.

Cara Mancing Ikan Baung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri