Senin, 27 Juli 2015

Cara Memancing Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri yang di negara Barat dinamakan Mackerel adalah jenis ikan yang cukup populer baik untuk nelayan ataupun penghobi mancing. Ikan dengan tubuh ramping memanjang berwarna keperakan ini senantiasa hidup bergerombol ketika mencari mangsa. Ikan yang termasuk ikan pelagis atau mencari makan di permukaan air ini gemar berpindah tempat. Suatu saat ikan ini ditemukan di perairan terumbu karang dan di saat lain pergi jauh untuk menemukan mangsanya yang lain. Ikan Tenggiri tak menetap di satu tempat tertentu seperti ikan laut lainnya.
Tips Jitu Teknik Memancing,cara memancing ikan di sungai,laut, cara memasang pancingan, teknik mancing ikan tenggiri, teknik memancing ikan tenggiri, teknik pancing tenggiri,

Cara Memancing Ikan Tenggiri

Singkat Frofil Ikan Tenggiri

Dilihat dari bentuk tubuhnya tentu dapat diperkirakan jika ikan Tenggiri merupakan pemburu hebat. Kemampuan menyerangnya yang begitu cepat dengan ditunjang gigi-giginya yang tajam akan membuat ikan-ikan lain tak berkutik melawannya. Di alam ikan Tenggiri biasa memburu mangsa berupa ikan-ikan kecil seperti ikan Selar, ikan Como dan ikan Kembung. Cara memancing ikan Tenggiri membutuhkan persiapan yang serius sebab ikan ini cukup sengit dalam memberikan perlawanan. Ikan ini pun bisa mencapai bobot 20 kg sehingga harus digunakan peranti memancing khusus.

Alat Memancing Ikan Tenggiri

- Joran

Gunakan stick pancing tipe light spinning pendek yang biasanya berukuran 180 hingga 220 cm. Pilih yang terbuat daru material grafit dengan aksi lengkungan mulai tengah hingga ujung atau kelas 2 hingga 4 kg. Pilih juga joran dengan lengkungan pada ujung saja dari kelas 6 hingga 10 kg.

- Reel

Pemakaian reel hendaknya dipilih jenis spinning yang mempunyai 2 sampai 12 roller bearing. Jika memungkinkan maka pilih wadah dan spool yang terbuat dari bahan grafit. Ukuran reell hendaknya menyesuaikan kelas senar atau satu tingkat lebih tinggi.

- Senar

Umumnya digunakan senar kecil ukuran 8 lbs hingga 20 lbs. Prinsipnya kian kecil ukurannya maka akan kian galak akan tetapi tetap dibutuhkan keterampilan dan pengalaman. Sementara senar jenis PE tetap dapat difungsikan akan tetapi jenis senar ini tak lumrah untuk teknik memancing koncer.

- Senar ujung

Karena ikan Tenggiri mempunyai gigi-gigi tajam dengan bentuk serupa gergaji sehingga sebagai antisipasinya digunakan tali ujung berupa kawat baja monofilament ukuran 24 hingga 28 atau kawat baja serabut ukuran 15 hingga 24 kg.

- Rangkaian pancing

Ikan Tenggiri memiliki karakter menyambar umpan dengan cepat dari samping atau belakang. Tipikal serangan ikan Tenggiri yang ganas ini maka pemancing harus melengkapi alat pancingnya menggunakan kawat baja. Dipasangkan dua kail agar ikan Tenggiri sulit lepas saat terkena kail.

- Umpan

Ikan ini adalah kelompok ikan permukaan sehingga cara memancing ikan Tenggiri digunakan teknik koncer. Kendati begitu ada pula pemancing menggunakan teknik trolling. Umpan yang kerap dipasang ialah ikan Kembung dalam keadaan hidup. Untuk angler yang gemar dengan teknik trolling umumnya akan menggunakan ikan hidup yang tak cepat mati. Supaya ikan-ikan kecil mau mengumpul di satu lokasi saja maka kerap digunakan umpan chumming atau bom menggunakan rebon. Adanya ikan-ikan kecil otomatis akan memancing ikan Tenggiri mendekat.

Cara Memancing Ikan Tenggiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri