Sabtu, 18 Juli 2015

Jenis Umpan dan Cara Mancing Ikan Kerapu

Jenis Umpan dan Cara Mancing Ikan Kerapu - Ikan Kerapu (Grouper fish) adalah salah satu spesies ikan air laut yang seringnya berada di hamparan terumbu karang atau rumpon yang sengaja diletakkan di dasar laut. Ikan Kerapu mempunyai tampilan tubuh berwarna gelap yang dihiasi dengan totol-totol di sekujur tubuhnya. Ikan ini memanfaatkan lukisan tubuhnya tersebut untuk penyamaran atau kamuflase ketika sedang mencari mangsa. Ikan Kerapu memiliki habitat asli berupa perairan dengan terumbu karang, ia tak sering bepergian jauh-jauh dari habitatnya tersebut. 
cara mancing ikan kerapu di dermaga,besar,di muara,monster,raksasa,terbesar di dunia,

Ikan ini bukan termasuk ikan agresif dan sangat jarang mengejar mangsanya bila memang tak benar-benar sedang lapar atau wilayah kekuasaannya sedang diganggu musuh.Ikan yang satu ini terkenal sebagai salah satu jenis ikan konsumsi favorit karena rasa dagingnya yang gurih dengan tekstur daging yang lembut. Tidak sedikit kalangan angler yang menargetkan ikan ini saat sedang memancing di laut.

Cara mancing ikan Kerapu biasanya digunakan teknik dasaran atau istilahnya bottom fishing. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menyiapkan umpan. Umpan mancing bisa berupa potongan daging ikan tongkol, potongan daging cumi,udang utuh yang kecil atau potongan ikan jenis lain. Jika sedang kelaparan, segala macam umpan yang diberikan pasti akan disambarnya sebab karakter ikan ini termasuk ikan yang rakus. Dengan syarat umpan tadi bisa mengeluarkan bau amis tentu akan membangkitkan nafsu makannya. Bila menginginkan umpan hidup maka bisa digunakan udang hidup, selar hidup, ikan banyar dan ikan jenaha kecil.

Sementara jika ingin menggunakan umpan buatan, pemancing dapat memilih minnow dengan lidah panjang sebab tipe lure yang satu ini bisa menyelam lebih dalam untuk mendekati tempat bersembunyi ikan Kerapu. Dan jika targetnya adalah ikan Kerapu babon, gunakan umpan hidup yang juga berukuran besar sebagai penariknya.

Cara mancing bisa dengan menggunakan teknik casting dapat dilakukan cukup dengan berdiri di tepi pantai yang banyak dijumpai terumbu karang. Akan sulit ditemukan jika kondisi dasar berupa hamparan pasir atau lumpur. Memancing ini perlu teknik tersendiri sebab ikan ini mempunyai tenaga kuat saat mereka memberikan perlawanan pada saat tarikan pertama hinga ahir bila berhasil. Karena struktur tubuhnya yang agak bulat sehingga sangat terasa berat sekali ketika kita mendapatkan perlawanan ikan saat terjadi strike. Saat pertama terjadi perlawanan adalah saat menentukan keberhasilan mendaratkan target ini.


Bila umpan sampai dibawa ke dalam sarangnya maka akan sulit bagi angler untuk bisa menarik keluar ikan Kerapu dari sana. Ikan Kerapu mempunyai ekor kuat yang digunakan berpegangan ke sarang dengan cara dibengkokkan saat pemancing menariknya keluar dari sarang atau tempat persembunyiannya. Saat ikan Kerapu sudah masuk sarang maka pemancing mesti sabar menunggu sampai ikan ini mau keluar dari rumahnya yaitu ketika tenaga yang dimilikinya sudah habis.

Jenis Umpan dan Cara Mancing Ikan Kerapu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri