Minggu, 26 Juli 2015

Jenis Umpan dan Cara Memancing Siakap

Jenis Umpan dan Cara Memancing Siakap - yang dinamakan juga ikan Barramundi alias ikan Kakap Putih adalah jenis ikan favorit Malaysia. Itu disebabkan ikan Siakap mudah didapatkan di mana saja. Mulai dari rumah makan murah sampai restoran kelas mewah, ikan Siakap niscaya menjadi sajian lezat nan spesial. Begitupun dengan di kolam pemancingan, ikan ini memiliki karakter perlawanannya yang kuat sehingga dijadikan pilihan utama. Ikan Siakap mampu memberikan daya juang yang dahsyat dan pandai meloloskan diri dari kail pancing.
tips jitu teknik memancing,cara memancing ikan siakap laut,kolam, teknik memancing siakap, umpan,2015,

Sebutan dan Sekilas Tentang Siakap

Barramundi termasuk jenis ikan predator yang menghuni perairan sungai dan laut. Makanan pokoknya ialah ikan-ikan kecil, udang, jangkrik juga cacing. Sementara Kakap Putih anakan memakan zooplankton. Peredator yang satu ini seringnya mendiami muara sungai bakau dan bermigrasi ke perairan air tawar hanya ketika bertelur. Anak ikan Siakap sementara berada di air payau dengan pohon-pohon bakau. Baru sesudah dewasa Kakap Putih akan menuju lautan lepas. Di laut Kakap Putih senang berhabitat di kawasan terumbu karang atau dasar perairan dengan struktur untuk dijadikan rumahnya sekaligus mencari makanan. Tak heran jika ikan ini sering juga ditemui di perairan dekat pemecah ombak, tebing pantai dan kapal karam.

Ikan ini memiliki daya perlawanan yang sengit sehingga cara memancing ikan Siakap sangat disarankan bila memakai joran dengan kekuatan Pe1-2 dipasangkan dengan reel berkekuatan 2000 atau 3000. Senar utama dengan kekuatan 10 lb hingga 20 lb. Bila menggunakan senar jenis mono filament pilih yang memiliki kekuatan 20 lb-30 lb. Ikan Siakap memiliki struktur tulang laksana pisau tajam di pipi kanan kiri. Ikan Siakap akan meloncat ke permukaan air untuk berusaha membebaskan dirinya dengan memutuskan senar memakai senjatanya tadi.

Umpan Paling Jitu Untuk Siakap

Umpan jitu ikan Siakap adalah udang hidup. Ikan Siakap tak akan menolak bila disajikan udang hidup. Untuk umpan lain berupa ikan kecil biasanya adalah ikan Belanak. Ikan Belanak mampu bertahan hidup dalam waktu lama sehingga kerap digunakan menjadi umpan hidup. Umpan tiruan atau lure pun bisa juga digunakan sebagai pilihan lain umpan hidup. Ikan Siakap cenderung menyergap mangsa di habitat bebatuan karang sehingga umpan tiruan cuma perlu digerak-gerakkan pelan-pelan di sekitarannya.

Para pemancing yang ingin memencing siakap ini bisa memilih muara sungai dengan hutan bakau di sisi-sisinya. Kemampuan beradaptasi di segala perairan memberikan kesempatan untuk bergerak lebih jauh. Sehingga tidak usah kaget bila melihat Barramundi ini pun dijumpai di perairan sungai yang jauh dari laut. Ikan Siakap liar terkadang memiliki karakter aktif dan terkadang juga pasif. Hal tersebut ditentukan oleh suhu perairan dan cuaca. Ikan Siakap pun biasanya akan aktif berpindah tempat agar memperoleh spot menarik untuk menyergap mangsanya.

Jenis Umpan dan Cara Memancing Siakap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri