Jenis Umpan Mancing di Laut Pinggir

Umpan Mancing di Laut Pinggir - Mancing adalah jenis kegitan yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang. Meski demikian sebelum memancing, sejumlah persiapan harus disediakan agar acara ini tak terganggu. Terpenting adalah peralatan keselamatan diri terutama saat memilih spot mancing di laut. Beberapa peralatan yang harus dibawa semisal jaket keselamatan, rompi memancing, sepatu boot, kacamata, gunting, pisau, dan sebagainya. Mancing di laut dibedakan menjadi 2 yaitu pemancing tetap berada di daratan (landbase fishing) dan pemancing berada di tengah laut (offshore).

Ikan Mentimun

Kebanyakan mancing di laut dilakukan dari pinggir laut (pantai), di atas dermaga, di atas breakwater structure atau di atas bagan. Cara mancing ini menggunakan teknik casting. Umpan mancing di laut pinggir memakai teknik casting biasa digunakan lure (umpan tiruan).

Umpan Alami Mancing Laut Pinggir

Kepiting, kepiting biasa saya pakai sebagai umpan mancing di laut khusus yang berbebatuan atau karang adapun ikan yang dapat dijadikan target dengan umpan kepiting ini ialah semua jenis dari keluarga Kerapu, Kakap, dan ikan-kan peredator penghuni karang lainnya. Cumi-cumi sebagai andalan jika mancing di malam hari, yang paling saya senang saat memasang 1 utuh kepala cumi-cumi, wooww ikan didapat biasa berat diatas 1kl, jangan dibandingkan dengan yang di TV-TV ya,,.

Udang, jika memilih udang sebagai bekal umpan, udang hidup sangat di utamakan ketimbang udang di beli dipasar, pengalaman pribadi saya membeli udang dari pasar hasilnya NOL, mukin udangnya sudah di kasih formalin atau apalah hingga ikan tidak mau sama sekali menyentuh umpan saya. Jadi saran saya belilah udang yang masih hidup atau minimal mati tapi dari nelayan langsung bukan yang sudah masuk kepasar.

Dan Juga Beberapa Jenis Umpan  Buatan Yang Bisa Dipakai

Lure jenis Minnow

Umumnya jenis-jenis ikan kecil senang berenang dibalik bebatuan karang saat kondisi air pasang. Ikan-ikan target berukuran besar umumnya akan mendatangi spot ini untuk memangsa ikan-ikan kecil tersebut. Bila kondisi perairan cukup dangkal dengan air pasang maka pemakaian umpan minnow dapat diterapkan. Umpan palsu yang dapat dilempar hingga jauh sangat disarankan agar bisa menjangkau spot dengan air lebih dalam.

Baca Juga: Umpam Jitu Mancing Laut Malam Hari

Lure jenis Top Water

Bila melihat ikan-ikan kecil berada di permukaan air yang artinya ikan-ikan besar yang menjadi target juga berada di permukaan maka pilih umpan tiruan jenis top water antara lain popper. Gerakkan joran secara hati-hati agar bisa menghasilkan cipratan air seakan akan ikan-ikan kecil yang siap dimangsa ikan target.

Lure jenis Vibration

Umpan mancing di laut pinggir jenis ini disarankan bila spot pasti ikan target cukup sulit dipastikan. Pemakaiannya cukup mudah cukup dengan menggulung senar menggunakan reel sehingga umpan menimbulkan getaran yang akan ditangkap oleh ikan target.

Metal Jig

Kalau menginginkan casting dengan jarak lebih jauh dan dalam maka umpan jenis metal jig sangat disarankan. Lure jenis Metal jig kecil bisa menjangkau spot yang sangat jauh serta bisa menyelam lebih dalam dibanding umpan palsu yang dibuat dari bahan kayu atau kayu. Ikan target yang cocok dengan jenis lure ini berupa ikan-ikan yang sering berenang kolom air pertengahan atau dasar. Selagi memakai umpan metal jig ini, pemancing mesti menggerakkan joran ke atas bawah supaya umpan bisa bergerak menurut keinginan.

Untuk para angler yang ingin memburu ikan GT (Giant Trevally) menggunakan casting atau popping bisa memilih spot di seputaran karang yang menonjol ke permukaan atau sepanjang garis pantai dimana ombak pecah muncul. Hal tersebut disebabkan jenis ikan ini akan memangsa ikan-ikan kecil yang sering berada di habitat ini. Spot mancing di laut pinggir yang juga diduga akan banyak ditemukan ikan adalah di sekitaran rumpon atau bagan.

Jenis Umpan Mancing di Laut Pinggir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri