Jenis Umpan Mancing di Laut

Umpan Mancing di Laut -Kesabaran dan mampu berpikir taktis merupakan inti aktifitas mancing. Tidak sekedar sabar ketika menanti ikan muncul dan kemudian menyambar umpan. Menyiapkan perlengkapan, mencari spot terbaik sekaligus merencanakan rupa-rupa hasil memancing pun perlu hati yang sabar dan pertimbangan cermat. Seluruhnya itu tergantung dari ikan target yang diincaar.


harga-umpan-mancing-di-laut,-Mancing-Laut,-umpan-mancing-ikan-laut-pinggiran,-umpan-mancing-laut-dangkal,-umpan-mancing-laut-malam-hari,-umpan-memancing-di-laut,-waktu-yang-tepat-mancing-di-laut
Segala kepayahan seakan terbayar ketika umpan terseret kian ke dalam sebagai pertanda ikan target sudah memangsa umpan. Di sinilah sensasi memancing yang banyak ditunggu-tunggu para anglers sejati. Beradu kekuatan dan juga taktik ikan berusaha didaratkan secepat mungkin. Sensasi makin terpuaskan jika para pemancing melakukannya di laut lepas. Laut adalah surganya para pemancing memuaskan hobi mereka. Di sana berada beragam jenis ikan yang sangat menantang untuk ditaklukkan.

Memancing di laut bisa dilakukan dari daratan (landbase) misalnya dilakukan dari pantai, dermaga, kapal yang sedang membuang jangkar, di atas bebatuan karang dan sebagainya. Kedua adalah memancing di tengah laut (Offshore) yakni dilakukan di atas kapal atau perahu yang berada di perairan laut lepas. Peralatan yang harus dibawa adalah ; joran dan reel, kail, umpan, pisau tajam, ember untuk menampung hasil pancingan, topi dan sarung tangan, kain untuk mengelap tangan dan menangkap ikan, kotak PPPK.

Jenis umpan mancing di laut bisa berupa umpan hidup (live bait) dan umpan tiruan (lures). Ada sejumlah pilihan untuk umpan hidup ini termasuk : ikan-ikan kecil, cacing, kepiting, belut, udang dan cumi-cumi. Umpan akan sangat tergantung pada jenis ikan target dan juga musim. Namun beberapa pilihan umpan hidup tadi dapat digunakan baik untuk ikan target jenis yang sering hidup di permukaan (pelagis) maupun jenis ikan dasar (demersal). Untuk umpan hidup berupa kepiting, buang semua kaki-kakinya hingga hanya tertinggal badannya. Buang juga bagian paru-paru kepiting sebab beracun bagi ikan. Belah menjadi dua bagian badan kepiting sehingga anda memiliki 2 buah umpan untuk digunakan. Umpan kepiting siap dikaitkan ke kail.

Pilihan lain jenis umpan mancing di laut adalah menggunakan umpan tiruan. Umpan tiruan memiliki bentuk dan warna serta gerak-gerik yang mampu menarik perhatian ikan target untuk mendekat dan memangsanya. Ada berbagai jenis umpan buatan yang dijual, ada yang terbuat dari logam, plastik, karet, kayu atau bulu. Pemilihan umpan tiruan dengan memperhatikan bentuk dan warnanya. Ikan mendeteksi umpan salah satunya adalah melalui warna yang terlihat. Pada air jernih, umpan berwarna merah akan lebih terlihat di air dangkal sementara umpan berwarna biru akan lebih terlihat di kedalaman perairan.

Beberapa teknik mancing bisa digunakan seperti teknik dasaran (bottom fishing) yaitu menggunakan perahu yang dijangkar di spot tengah laut. Kemudian umpan ditenggelamkan dengan bantuan pemberat. Umpan yang digunakan bisa berupa udang hidup, ikan hidup dan cacing. Teknik lain adalah Jerking, hampir sama dengan teknik sebelumnya hanya saja umpan yang digunakan adalah umpan hidup.

Jenis Umpan Mancing di Laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri