Rabu, 29 Juli 2015

Memilih Umpan Mancing Ikan Nila di Danau

Termasuk pilihan termudah umpan mancing ikan Nila di danau ialah lumut. Umpan lumut yang disukai umumnya berasal dari perairan di sumber mata air yang segar dan panjang-panjang. Saat memancing ikan Nila di danau mungkin penggunaan umpan lumut akan sedikit bermasalah terutama dengan keberadaan ikan sapu-sapu di sana. Jika terdapat ikan sapu-sapu maka umpan lumut akan disantap lebih dulu olehnya. Dan tak hanya lumut, umpan pelet pun sama saja akan didahului oleh ikan sapu-sapu.
Hal ini bisa disiasati dengan memasang kail tidak sampai menyentuh dasar perairan danau. Pastikan kail dengan posisi menggantung sebab ikan sapu-sapu lebih suka memangsa umpan yang berada di dasar perairan. Umpan mancing ikan Nila di danau berupa lumut pun bisa ditambahkan bubuk minuman Vegeta yang bertujuan untuk merangsang ikan Nila agar mau memangsa umpan lumut itu secepatnya.

Adapun cara memasang umpan lumut untuk mancing ikan Nila adalah sebagai berikut : mata pancing dirangkai 4 hingga 6 kail dengan jarak antar mata kail kurang lebih 1 cm. Umpan lumut sebelumnya sudah disimpan di dalam ember dan ditambahkan air agar tetap segar. Rangkaian kail kemudian diputar-putar dalam ember berisi lumut sehingga tersangut ke kail. Setelah dirasa cukup maka umpan siap dilempar ke titik yang diduga sebagai spot ikan Nila. Perlu diperhatikan dalam menyimpan lumut dalam ember, usahakan tak terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama sebab bisa mengakibatkan lumut membusuk.

Agar proses memasang umpan lumut ke kail menjadi mudah maka pada rangkaian kail boleh ditambahkan pegangan. Bisa dipakai cotton bud yang ditempatkan di bawah kili-kili dengan dibatasi dengan karet stopper dan selanjutnya paling bawah adalah susunan mata kail. Boleh juga umpan lumut diikat ke kail meski cara ini cenderung membuat umpan terlepas saat dilempar dan berada di dalam air.

Umpan mancing ikan Nila di danau berupa lumut ini bisa ditambahkan penguat aroma. Bisa dipilih dari bermacam-macam aroma essen sesuai selera yang dapat dibeli di kios peralatan mancing. Umumnya pemilihan aroma essen dengan melihat dulu suhu perairan di spot mancing bersangkutan. Misalnya bila suhu perairan cenderung dingi maka bisa digunakan serbuk minuman merek Vegeta atau Nutrisari. Sementara jika suhu perairan sedang hangat bisa dipilih essen dengan aroma durian, pisang atau essen aroma pandan.

Sebagai patokan pemberian essen aroma pada umpan mancing ikan nila ini adalah setiap 1 ember cat ukuran 5 kilo yang berisi umpan lumut bisa ditambahkan 3 tetes essen aroma, atau 1/4 bungkus Vegeta. Jangan sampai terlalu banyak sehingga aromanya cenderung menyengat. Sebagai umpan chumming bisa digunakan bekatul. Namun perlu diperhatikan agar jangan memberikan umpan bom ini terlalu banyak.

Memilih Umpan Mancing Ikan Nila di Danau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri