Kamis, 30 Juli 2015

Peralatan dan Cara Memancing Udang Galah di Sungai

Memancing Udang Galah -Bentuk tubuh udang sungai sama sekali lain dengan ikan-ikan air tawar kebanyakan. Salah satu jenis udang sungai yang cukup populer adalah udang Galah yang memiliki nama latin Macrobrachium rosenbergii. Udang galah umumnya memiliki habitat di lingkungan perairan air tawar dangkal seperti sungai dan danau. Secara umum cirinya adalah bentuk kepala yang mengerucut dengn tubuh melengkung. Kaki-kakinya berjumlah 10 sehingga dimasukkan dalam bangsa Decapoda. Hampir sama dengan ikan umumnya cara memancing udang Galah di sungai pun perlu persiapan dan teknik tertentu.
Tips Jitu Teknik Memancing,cara memancing udang galah kolam, doa, petua, teknik, umpan, video,2015,

Cara Memancing Udang Galah

Beberapa Alat Yang Harus Disiapkan

Beberapa perlengkapan memancing yang harus disiapkan sebelum memancing udang Galah sungai adalah sebagai berikut :

- Joran

Untuk joran pilih jenis antena atau joran sambung dua yang kecil dan lentur di sebelah ujung supaya lebih sensitif mendeteksi gerakan umpan. Joran juga harus mempunyai ring dengan diameter kecil. Pilih panjang joran mulai dari ukuran 1,3 m hingga 1,8 m.

- Reel

Untuk penggulung senar gunakan reel tipe spinning dengan kelas 2 hingga 8 lbs.

- Senar

Gunakan line Monofilament kelas 1 lbs hingga 2 lbs untuk senar utama, sementara untuk senar leader gunakan kelas 2 lbs-8 lbs.

- Kail

Pilih hook khusus udang atau bisa juga menggunakan kail jenis circle hook yang tak memiliki kait.

- Pemberat

Untuk timah pemberat pilih yang memiliki bentuk oval atau lonjong dan saat pemasangannya juga dipasangkan stopper. Timah pemberat pun tidak usah kelewat berat.

- Umpa

Umpan memancing udang Galah di sungai paling populer adalah cacing tanah, cacing bakau atau anakan udang. Sebagai umpan pengebom, siapkan kelapa bakar yang dicincang kecil-kecil dan ditebarkan di spot yang diinginkan.

Waktu Memancing Udang Galah dan Cara Mancing

Ketika air sedang pasang tinggi ataupun hujan lebat adalah saat yang harus dihindari bila ingin memancing udang Galah di sungai. Pilih ketika pasang akan mendekati surut atau cuaca sedang cerah. Udang Galah memiliki karakter agresif bila mancing dilakukan di malam hari. Di sungai bila ada maka pilih lokasi dimana terdapat kayu-kayu yang mengapung di permukaan.

Mancing udang Galah di sungai modal utamanya memang kesabaran, tidak emosi serta menggunakan perasaan. Bilamana umpan disambar oleh si udang maka joran langsung melengkung. Biarkan saja dulu dan jangan langsung ditarik keras sebab berpotensi akan merobek mulut udang Galah.

Tarik joran perlahan-lahan seraya memutar pegangan reel. Ketika udang Galah bisa didaratkan maka jangan langsung memegangnya sebab ada semacam tanduk bergerigi tajam yang bisa menancap di telapak tangan. Begitu juga dengan bagian ekor yang memiliki sungut tajam. Sedangkan capit-capitnya tidak lah berbahaya jika memang tak mengenai ujung capit.

Peralatan dan Cara Memancing Udang Galah di Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri