Pilihan Umpan Mancing Ikan Bandeng Tambak

Pilihan Umpan Mancing Ikan Bandeng Tambak - Ikan Bandeng (Chanos chanos) merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang sangat populer di Indonesia. Ikan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Milkfish ini terkenal dengan rasa dagingnya yang gurih. Memiliki duri kecil-kecil dan banyak, oleh karena itu salah satu cara memasaknya adaah dengan di-presto sehingga lunak hingga ke duri-durinya. Ikan Bandeng umum dibudidayakan di tambak dan merupakan salah satu komoditas perikanan yang penting.

umpan mancing ikan bandeng air payau,umpan mancing bandeng liar,mancing ikan bandeng besar,umpan mancing ikan lele di sungai,resep umpan mancing ikan lele,umpan mancing ikan lele dumbo,

Umpan Mancing Ikan Bandeng

Seperti juga memancing jenis ikan lain, mancing ikan Bandeng tambak pun butuh umpan. Umpan mancing ikan Bandeng tambak ada beberapa pilihan untuk menghasilkan strike diantaranya adalah :

Pelet untuk ikan Koi

Biasanya berwarna merah. Siapkan pelet Koi ini sebungkus, kemudian tambahkan air panas seperlunya namun jangan sampai kelewat lembek. boleh ditambahkan teluar ayam mentah, uleni hingga tercampur merata dan kemudian buat bulatan kecil untuk dikaitkan ke kail.

Ramuan Pelet + Ursal

Ursal biasa digunakan para petambak ikan bandeng untuk meningkatkan nafsu makan ikan Bandeng budidaya. Bahan ini dapat diperoleh di toko pakan ternak berbentuk cairan kental dengan warna kecoklatan dan aromanya sangat menusuk. Ramuan ini dipakai sebagai bom agar ikan Bandeng tambak berkumpul, sekaligus juga merangsang nafsu makannya.

Roti

Jangan menggunakan roti kering. Boleh juga dengan ditambahkan terasi, buat bulatan-bulatan kecil menyerupai pelet. Ukurannya sesuai dengan kail ukuran nomer 9. Jika pengin praktisnya gunakan saja kulit roti tawar, sedikit saja dan kaitkan ke kail.


Memahai Cara Makan Ikan di Tambak

Ikan Bandeng tambak biasanya akan memangsa umpan sekitar 15 cm di bawah permukaan air.Ikan yang satu ini pun mengenal jam makan yang biasanya untuk pagi hari mulai jam 7 hingga 10 pagi. Sementara jam makan sore antara jam 3 hingga 6 petang. Dengan begitu waktu terbaik mancing ikan Bandeng ya di kedua jam makannya tersebut. Pada siang hari saat udara panas biasanya ikan Bandeng tak memiliki selera makan dan hanya berkumpul di dekat dasar tambak. Jangan lupa untuk segera berpindah lokasi bila dalam beberapa lama umpan tak direspon oleh ikan Bandeng ini.Ingat, ikan Bandeng memiliki sifat suka "jalan-jalan" ke sana ke mari.

Pemilahan Alat Mancing Ikan Bandeng

Untuk joran gunakan yang memiliki panjang antara 150 – 180 cm dengan kelas senar mulai kekuatan 3 hingga 18 lbs. Sementara Reel-nya Pilih seri 1000 – 4000. Sebagai line, Pilih dari jenis monofilament PE 1 atau 2. Sementara untuk kail dapat digunakan ukuran no 3 dan 4 yang memiliki diameter antara 7 hingga 7,5 mm. Bukaan mulut ikan Bandeng tak terlalu lebar untuk itu sesuaikan dengan ukuran ikan Bandeng di tambak tersebut. Boleh menggunakan pelampung dan boleh juga menggunakan teknik glosor. Bila menggunakan pelampung upayakan jarak antara kail dan permukaan air tambak sekitar 15 hingga 20cm. Salam Strike!


Pilihan Umpan Mancing Ikan Bandeng Tambak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri