Kamis, 16 Juli 2015

Pilihan Umpan Mancing Ikan Gabus di Sungai

Pilihan Umpan Mancing Ikan Gabus di Sungai - Ikan Gabus atau di beberapa tempat di Jawa dinamakan ikan Kutuk (Snakehead) adalah salah satu spesies ikan sungai dengan citarasa dagingnya yang sangat lezat. Ikan yang bisa mencapai ukuran lengan orang dewasa ini memiliki daging yang tebal berwarna putih. Sedap sekali bila digoreng dengan pelengkap sambal dan juga lalapan. Mancing ikan Gabus di sungai butuh umpan jenis tertentu. Umpan mancing ikan Gabus di sungai di beberapa daerah digunakan anak katak (precil), cere (sejenis kecoa),belalang, jangkrik dan juga cacing tanah.
Ada juga beberapa pemancing yang memakai umpan tiruan (lure) yang dibuat dari sandal jepit dengan teknik casting. Casting merupakan salah satu cara memancing memakai umpan tiruan dengan melemparnya ke spot yang diduga banyak terdapat ikan. Selanjutnya ditarik pelan-pelan supaya umpan tiruan bisa bergerak-gerak mirip dengan gerakan ikan yang mampu menarik perhatian jenis ikan pemangsa. Karakter ikan Gabus biasanya agresif ketika mengejar mangsa. Tak heran jika umpan mancing ikan Gabus di sungai digunakan berbagai jenis umpan yang bisa bergerak.

Ikan Gabus menyukai perairan sungai dengan kondisi sejuk dan tak menyukai perairan dengan suhu air yang hangat. Oleh karena itu ikan kepala ular ini biasanya banyak ditemukan berhabitat di pinggiran sungai dengan peneduh berupa pohon-pohon besar atau sering juga berada di balik bebatuan besar. Pilih waktu memancing ikan gabus pada pagi hari, sore hari atau malam hari. Pertimbangan utamanya karena di waktu-waktu tersebut udara tak panas dengan begitu ikan tak berusaha mencari perairan yang teduh sehingga menjadi lebih mudah untuk dipancing. Hari gerimis adalah saat paling tepat bila ingin memancing ikan air tawar yang satu ini. Saat gerimis ikan Gabus akan keluar dari persembunyiannya dan terlihat berenang di tepi sungai.

Kelakuan Kiata Saat Mancing Ikan Gabus

Usahakan agar tenang saat mancing sebab bila sering membuat suara atau gerakan dikhawatirkan ikan Gabus akan kaget dan mengakibatkan lari menjauh. Pakailah kenur yang kuat agar bisa menahan tarikan ikan hingga berat 20 kilo tanpa mengalami putus. Ingat, selain berukuran besar,ikan Gabus pun merupakan petarung yang tak mudah menyerah. Pakailah stick pancing tipe fast tapper, sebab mungkin saja perlawanan yang diberikan ikan Gabus bisa mematahkan joran yang berukuran kecil. Bawa beberapa jenis mata kail dari ukuran paling kecil sampai ukuran terbesar untuk berjaga-jaga jika menemui ikan Gabus babon berukuran besar.

Selama ini ada anggapan di kalangan pemancing jika sungai dengan air dangkal tak akan dijumpai ikan. Ini tak berlaku untuk ikan Gabus. Ikan Gabus lebih memilih untuk bersembunyi di sungai dangkal selama di sana terdapat tempat untuk bersembunyi seperti terdapatnya onggokan sampah, rumput-rumputan, ganggang air dan sebagainya.
Pilihan Umpan Mancing Ikan Gabus di Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri