Ragam Umpan Mancing Ikan Sembilang

Ikan Sembilang merupakan bagian dari keluarga Plotosidae yakni golongan ikan berkumis dari ordo Siluriformes. Ciri khas yang membedakan dengan kelompok ikan yang lain yakni menyatunya sirip punggung kedua, sirip ekor serta sirip anus. Oleh karenanya bagian punggung ikan Sembilang terlihat serupa dengan ikan Sidat. Ada 3 species ikan Sembilang yang umum dijumpai di Indonesia yakni ikan Sembilang sungai, ikan Sembilang karang dan ikan Gemang. Ikan Gemang merupakan jenis ikan Sembilang yang memiliki kepala lebih besar dibanding ikan Sembilang biasa dengan kulit lebih cerah. Dan secara umum Gemang pun memiliki tubuh lebih besar.
umpan mancing ikan sembilang muara,umpan mancing ikan sembilang laut,mancing ikan sembilang besar,umpan mancing ikan patin,umpan mancing ikan patin sungai,umpan mancing ikan nila,

Umpan Mancing Ikan Sembilang

Tentang Ikan Sembilang

Ikan Sembilang termasuk jenis ikan laut dengan habitat di tepi laut atau perairan muara. Ikan yang satu ini hidup berkelompok dalam mencari makanan. Karakter ikan Sembilang untuk soal makanan adalah sangat rakus. Ia akan melahap apa saja yang ada dihadapannya. Wajar bila mancing ikan Sembilang terhitung cukup mudah bila dibanding mancing jenis ikan lain yang menghuni perairan pantai.

Waktu dan Umpan Mancing Sembilang

Memancing ikan Sembilang jika sedang musimnya sangat gampang, lebih-lebih jika habis hujan dimana perairan cenderung keruh. Teknik memancing dapat menggunakan teknik dasaran memakai timah di bawah rangkaian 2 hingga 3 kail. Umpan mancing ikan Sembilang dapat menggunakan daging udang kupas atau udang hidup. Jika memilih memakai umpan berupa udang kupas biasanya sesudah dilempar akan segera dimangsa oleh gerombolan ikan kecil. Untuk itu dianjurkan untuk memakai udang hidup ketimbang umpan udang kupas. Untuk spot mancingnya bisa dipilih lokasi bagan. Sedang saat yang tepat adalah pagi hari dimana keadaan air pasang sudah akan kembali surut.

Umpan mancing ikan Sembilang pun bisa memakai kepiting Soka yang langsung dikaitkan ke kail. Kepiting Soka memiliki cangkang yang lunak sehingga pemancing tak akan mengalami kesulitan. Untuk memperoleh umpan berupa kepiting Soka ini memang cukup susah dan harganya pun agak mahal. Pilihan lain umpan untuk ikan Sembilang ini adalah daging kerang putih ataupun cacing Klelet.

Cara Mancing Ikan Sembilang

Memancing ikan Sembilang anda tak usah membuang umpan jauh jauh dari bibir pantai sebab ikan ini seringnya berlindung di balik bebatuan karang, konstruksi rumpon, pilar dermaga atau breakwater pemecah ombak. Gunakan timah pemberat yang kecil saja dan pilih spot perairan pantai yang mempunyai kedalaman air berkisar 25 hingga 75 cm. Di beberapa daerah, ikan Sembilang dipancing menggunakan umpan berupa ikan-ikan busuk sisa pembuangan dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Saat mendaratkan ikan Sembilang, hati-hati dengan patil yang dimilikinya sebab bila terkena badan bisa demam panas dingin. Ikan Sembilang pun banyak dijumpai di perairan dengan hutan bakau di atasnya. Ikan ini biasa bersembunyi di dasar perairan berlumpur dan kondisi air yang keruh.

Ragam Umpan Mancing Ikan Sembilang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri