Jumat, 24 Juli 2015

Ragam Umpan Mancing Laut Malam Hari

Umpan Mancing Laut Malam Hari -Untuk beberapa orang aktifitas memancing merupakan hobi yang sangat mengasyikkan terlebih saat melakukannya di laut. Hembusan ombak, kondisi cuaca serta ragam ikan yang diperoleh jauh lebih menantang ketimbang memancing pada perairan air tawar. Memancing ikan di laut tak cuma bisa dikerjakan saat matahari bersinar saja namun juga di lakukan di malam hari. Aktifitas memancing di laut pada malam hari sangat tergantung dari bagus tidaknya cuaca ketika mancing.
Memancing di laut pada malam hari juga harus mencermati kemunculan bulan. Ketika bulan sedang tak terlihat karena memang sedang awal bulan atau karena tertutup oleh awan maka waktu itu merupakan saat tepat untuk memancing. Jika bulan sedang kelihatan dan memancarkan cahayanya maka senar pancing akan tampak menyala sehingga mengakibatkan kumpulan ikan laut akan menjauh. Namun kalau Anda bermaksud memancing cumi-cumi dan udang sebagai targetnya maka sinar bulan malah akan memberikan keuntungan untuk pemancing sebab kedua makhluk laut tersebut memang senang dengan cahaya. Kedua biota laut tersebut cenderung bergerombol di dekat permukaan air ketika bulan memancarkan terangnya. Itulah kenapa para nelayan membawa lampu petromaks saat mereka ingin menangkap cumi-cumi atau udang.

Umpan Mancing Laut Malam Hari Secara Umum

Undur-undur laut

Umpan mancing di laut ini sangat disukai oleh ikan-ikan besar. Undur-undur laut bisa diperoleh di pantai berpasir. Cukup dengan mencongkel-congkel pasir tentu di dalamnya terdapat hewan kecil yang satu ini.

Udang laut

Umpan mancing laut malam hari ini biasanya digunakan untuk target ikan-ikan ukuran kecil dengan mata kail yang digunakan berjumlah banyak.

Belut

Umpan belut pun merupakan umpan favorit jika ingin menarget ikan-ikan besar di laut.

Ikan Kembung

Untuk umpan ini pilih ikan Kembung dari jenis yang memiliki ukuran mata besar karena kulitnya lebih kuat sehingga lebih tahan berada di dalam air.

Umpan tiruan (lures)

Untuk umpan tiruan disesuaikan dengan target ikan yang hendak dipancing.

Memancing di laut bisa dilakukan dari pantai menggunakan pancing jenis spinning dan menggunakan umpan berupa udang, ikan-ikan kecil, kepiting kecil, cacing laut maupun menggunakan umpan tiruan. Memancing di laut pun bisa dilakukan di tengah laut (offshore) menggunakan kapal. Umpan mancing yang digunakan di tengah laut biasanya adalah cumi-cumi utuh. Penempatan umpan biasanya di dekat permukaan (2-3 m di bawah permukaan laut) dan kedua berupa umpan gantung yang berada di pertengahan permukaan dan dasar laut. Umpan permukaan akan menarget ikan seperti ikan Layur dan ikan Cakalang, sementara umpan gantung biasanya menarget ikan Bawal, ikan Barakuda dan ikan Tongkol.

Tak kalah penting sebelum memancing ikan laut malam hari adalah perlengkapan keselamatan diri yang harus dibawa seperti life jacket, fishing boots, gunting, tang, sarung tangan dan sebagainya.

Ragam Umpan Mancing Laut Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri