Sabtu, 25 Juli 2015

Ragam Umpan Pancing Ikan Gabus

Ragam Umpan Pancing Ikan Gabus - Dinamakan juga Snakehead fish alias ikan kepala ular karena memang bagian kepalanya menyerupi ular dengan hiasan sisik. Ada 2 varietas ikan Gabus yang ada di Indonesia yakni dengan pertumbuhan cepat yang biasa hidup di perairan danau. Ciri utamanya adalah warna abu-abu cerah pada sisik dada sedangkan bagian dada berwarna putih agak perak. Sedangkan varietas kedua memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat.
tips jitu teknik memancing,cara mancing ikan gabus,di danau, tips,jitu, di sungai, liar,

Singkat Biografi Ikan Gabus

Ikan yang dapat berjalan di darat menggunakan sirip dada ini termasuk dalam kelompok ikan karnivora atau memakan daging hewan lain. Tak heran jika para angler menggunakan umpan pancing ikan Gabus berupa udang air tawar, daging keong, ikan kecil, katak dan cacing. Ikan yang satu ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap kondisi salinitas perairan sehingga ia mampu hidup di habitat air payau dan bahkan perairan laut dengan kadar garam hingga 35 ppt. Yang dalam bahasa jawa ikian kutuk ini pun tahan terhadap kondisi lingkungan di mana hanya ada sedikit kadar oksigen di dalamnya. Oleh karena itu di alam liar ia pun sering dijumpai terbenam di lumpur-lumpur sungai atau danau.

Sebelum memancing si-kutuk para angler harus mengetahui karakteristik dan kebiasaannya dengan rasa daging yang lezat ini. Ikan Gabus tidak suka jika berada di perairan dengan penetrasi cahaya matahari langsung sehingga membuat massa air hangat. Oleh karena itu disarankan untuk memilih waktu di pagi atau sore hari untuk memancing. Pemilihan joran dengan mempertimbangkan kuatnya strike yang diberikan ikan kutuk maka gunakan tipe Fast Tapper sehingga mampu memberikan daya gentak yang cepat. Untuk senar gunakan dari kelas senar 20 kg untuk mengantisipasi kemungkinan senar terputus karena perlawanan sengit ikan ini. Mata kail gunakan ukuran no.8 namun tetap bawa ukuran di bawah dan di atasnya.

Beberapa Umpan Pancing Ikan Gabus Alias Si-kutuk Yang Terbukti Sangat Disukainya

Anak katak

Gunakan katak yang masih hidup dengan cara mengaitkan di bagian ekor. Gerakan umpan katak di dalam air akan segera menarik perhatian ikin kutuk untuk menyambarnya.

Ikan-ikan kecil

Salah satunya adalah jenis ikan Wader, juga gunakan yang masih hidup dengan mengaitkan di bagian punggungnya.

Cacing

Cacing adalah makanan universal segala macam ikan karnivora termasuk si-kutuk ini. Cacing sebagai umpan pun bisa memberikan gerakan di dalam air yang akan sangat menggoda.

Jangkrik

Untuk umpan pancing ikan Gabus yang satu ini usahakan juga dalam keadaan hidup. Kaitkan ke kail di bagian ekornya.

Belalang

Belalang pun termasuk  umpan pancing ikan Gabus favorit di alamnya. Pilih Belalang ukuran sedang dan pasangkan ke mata kail di sisi ekor.

Umpan tiruan

Pilih lures dari jenis Froggy dan menggunakan teknik casting atau popping.

Ragam Umpan Pancing Ikan Gabus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri