Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam

Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam - Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) ialah ikan air tawar dengan pertumbuhan yang cukup lambat. Meski begitu ikan ini memiliki tekstur daging yang kesat dan rasanya yang sangat lezat dan gurih. Wajar jika di pasar ikan Gurame harganya agak mahal jika dibandingkan jenis ikan lain. Ikan Gurame pun mudah untuk dibudidayakan baik di kolam, empang atau cukup menggunakan penampungan dari terpal. Ikan Gurame adalah primadona ikan budidaya air tawar. Mancing dengan target ikan Gurame sering dilakukan di kolam-kolam pemancingan.

umpan jitu mancing ikan gurame di kolam,umpan mancing ikan gurame sungai,cara mancing ikan gurame,umpan mancing ikan mujair di tambak,umpan mancing ikan mujair di rawa,
Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam

Ikan Gurame mempunyai ciri tubuh pipih melebar hingga 2 kali dari panjang tubuhnya. Mulut kecil posisinya miring dan dapat dimonyongkan. Ikan yang mulai dikenal sekitar tahun 1800 ini memiliki habitat asli rawa-rawa dengan kondisi air yang tenang. Kebiasaannya yang berenang naik turun sehingga ikan ini suka dengan perairan yang agak dalam. Ikan Gurame tergolong sebagai ikan Omnivora atau pemakan segala namun di alam lebih condong sebagai herbivora atau pemakan tumbuhan dan juga bahan organik yang mengendap di dasar perairan.

Umpan mancing ikan Gurame di kolam biasanya dibuat dari daun-daunan seperti daun singkong, daun talas, daun pepaya, daun ubi jalar dan jenis daun lainnya. Namun begitu ikan Gurame pun mau juga memakan umpan ulat bambu, laron, ulat sutra, jangkrik, belalang dan kroto. Umpan lain yang dibut dari bahan pelet pun bisa digunakan seperti resep umpan mancing ikan Gurame berikut.

Umpan Mancing Ikan Gurami Kolam


Umpan ikan Gurame kolam I

Sediakan 1/2 gelas pelet 781-2 SP kemudian masukkan 1 butir telur rebus diambil kuningnya saja. Masukkan juga 2 sdt madu dan tuangkan air seperlunya. Campur dan uleni merata semua bahan sampai pulen dan kemudian adonan siap dibentuk bulatan kecil untuk dipasangkan di kail.

Umpan ikan Gurame kolam II

Sediakan ubi jalar rebus ukuran sedang. Masukkan 2 kuning telur rebus dan tambahkan juga 2 sdm madu plus 1/4 gelas pelet ikan Koi. Sesudah itu uleni semua bahan menggunakan baskom plastik, tambahkan air secukupnya sehingga adonan menjadi pulen dan mudah dibentuk namun tak mudah hancur jika dimasukkan ke air. Buat bulatan-bulatan kecil sesuai dengan bukaan mulut ikan Gurame.

Hal lain yang harus diperhatikan ketika mancing ikan Gurame ialah memilih waktu di pagi hari atau ketika udara sejuk. Mancing ikan ini memerlukan lingkungan yang tenang, tak banyak gerakan dan juga tak berisik sebab ikan Gurame adalah salah satu jenis ikan peka. Rangkaian pancing yang digunakan cukup satu kail dengan cara digantung berjarak sekitar 30 cm dari pelampung menggunakan pemberat timah. Namun dapat juga menyiapkan umpan yang mengapung di permukaan air.

Baca juga : Umpan Mancing Ikan Nila Liar
Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri