Tips dan Cara Mancing Tenggiri

Ikan Tenggiri termasuk dalam keluarga Scombridae yang sering dijumpai di perairan laut tropis maupun sub-tropis. Ikan ini memiliki rasa daging yang lezat sekaligus juga kecepatan bergerak yang tinggi sehingga kerap dipakai sebagai hadiah lomba mancing. Ikan Tenggiri terkenal dengan sambaran umpannya yang ganas dan juga kegigihannya dalam mempertahankan umpan yang sudah berada di mulutnya. Hal inilah yang menyebabkan ikan Tenggiri sangat disukai para angler saat memancing di laut lepas.
Tips Jitu Teknik Memancing,cara mancing ikan tenggiri,2015,di pulau seribu,kepulauan seribu,malam, teknik mancing tenggiri, youtube mancing tenggiri,

Tips dan Cara Mancing Tenggiri

Ikan Tenggiri memiliki tubuh memanjang dengan kulit licin dan tak memiliki sisik selain dari sisik di gurat sisi. Memiliki sirip punggung sebanyak dua buah dan juga adanya sirip tambahan. Sirip dubur hampir sama besar dengan sirip punggung dengan tambahan sirip sekitar 10 buah. Bobot ikan Tenggiri umumnya berkisar dari 5 kilo hingga 15 kilo, namun ditemukan juga ikan Tenggiri dengan berat sekitar 60 kilo. Punggung ikan Tenggiri mempunyai warna hijau agak kebiruan dengan warna sisik keperakan dan mempunyai pola garis warna biru gelap.

Memiliki mulut lebar dengan taring tajam di bawah dan di atas. Ikan ini dikategorikan sebagai ikan yang mampu berenang cepat. Karakter makannya buas sebagai ikan pemangsa jenis karnivora. Masih berkerabat dengan ikan Tongkol dan ikan Tuna. Ikan Tenggiri banyak diolah dengan diasinkan atau dipindang dan beberapa orang juga mengolahnya menjadi empek-empek dan otak-otak karena tekstur dagingnya yang lembut dan gurih.

Salah satu cara Mancing Tenggiri adalah menggunakan teknik Popping. Popping merupakan teknik memancing memakai umpan yang dinamakan popper. Popper dibuat dari kayu yang mempunyai variasi berat serta dilengkapi treble hook di sisi bawah depan dan belakang. Sementara peralatan lain mancing Tenggiri dengan teknik Popping adalah :

1. Reel
Gunakan reel spinning kelas 8000 hingga 10.000 yang mempunyai ukuran spool yang besar.

2. Joran
Pilih joran sambung 2 dengan panjang antara 2,1 m hingga 2.5 m serta mempunyai ring ukuran besar sehingga kenur bisa meluncur dengan cepat dan saat menggulungnya kembali pun mulus.

3. Kenur
Kenur yang disarankan memancing Tenggiri menggunakan teknik popping yakni senar jenis PE kelas 6 – 12. Sebab dengan memanfaatkan kenur PE maka akan mempermudah pemancing ketika melempar dengan jauh sekaligus juga kapasitas senar di reel bisa lebih banyak ketimbang menggunakan kenur jenis monofilament.

4. Kenur Leader
Kelas Leader yang dipakai memiliki kelas dari 80 lbs hingga 150 lbs.

5. Umpan
Seperti disebutkan sebelumnya umpan yang dipakai ialah umpan jenis Popper. Penggunaan popper yang tepat akan sangat menentukan kesuksesan mancing Tenggiri di laut. Penentuan umpan Popper mesti dilakukan dengan hati-hati dan disesuaikan dengan spot memancing yang dipilih.
Semoga sukses mancing ikan tenggiri-nya,,,

Tips dan Cara Mancing Tenggiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri