Resep Umpan Ikan Air Tawar Paling Jitu

Untuk kalangan mancing mania yang doyan memancing di perairan air tawar tentu sudah tak asing lagi dengan berbagai variasi umpan yang cocok dipakai untuk air tawar. Memancing di air tawar misalnya dilakukan di sungai, empang, rawa-rawa, waduk, danau dan kolam. Selain umpan, setting alat pancing yang tepat pun diperlukan untuk keberhasilan memancing. Beberapa jenis umpan berikut ini merupakan umpan favorit bagi kebanyakan pemancing di air tawar yaitu :
umpan jitu ikan bawal air tawar,resep umpan mancing ikan air tawar,cara membuat umpan ikan air tawar,umpan ikan air tawar terbaik,umpan ikan air tawar sungai,umpan buatan ikan air tawar,

Resep Umpan Ikan Air Tawar Paling Jitu

Macam Ragam Umpan Mancing Air Tawar

Cacing tanah

Umpan jenis ini memang paling disenangi oleh kebanyakan jenis ikan air tawar misalnya ikan Lele, Nila, Patin, Gabus dan sebagainya. Kecuali gampang diperoleh, cacing tanah pun sangat praktis.

Kroto

Kroto pun merupakan umpan yang sangat ampuh digunakan mancing ikan air tawar. Umpan yang merupakan telur semut ini memiliki kandungan protein yang bisa merangsang nafsu makan ikan yang mengendusnya. Cara memperolehnya pun sangat mudah, cukup dengan membelinya di pedagang pakan burung dengan harga murah.

Ketela rambat

Cara membuatnya cukup dengan direbus sampai matang dan selanjutnya tambahkan pelet ikan dan beberapa bahan tambahan lain. Kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil yang siap dipasang di mata kail.

Lumut

Lumut pun terhitung jenis umpan air tawar yang cukup disenangi ikan. Cukup dengan memasangkannya di mata kail dengan cara menggulung-gulungkannya. Bisa juga lumut ini ditambahkan beberapa bahan penguat rasa dan bau sebelum digunakan.

Umpan buatan

Kalangan pemancing mania pun umumnya telah memiliki resep jitu andalan sendiri saat mereka memancing di perairan air tawar. Resepi ini biasa dibuat dari aneka bahan penyusun seperti pelet, ubi jalar, nasi, ditambah juga dengan essen dan pasta untuk pengaut rasa dan bau.

Racik Sendiri Umpan Mancing

Bagi anda yang ingin bereksperimen membuat resepi umpan ikan air tawar sendiri, berikut beberapa yang bisa anda coba.

Umpan amis

Bahan-bahan : 1 kg putih telur, kroto secukupnya, keju kraft, 1 sendok teh biang susu, 3 sendok makan susu bubuk Dancow, 10 ekor udang Jerbung, mie instan goreng, 1 sendok pisang susu.
Cara membuat : Siapkan blender, masukkan semua bahan kecuali kroto dan biang susu, dan blender hingga adonan terlihat mengembang. Tambahkan kroto dan aduk adonan. Tuang adonan ke dalam kantong plastik dan biarkan sekitar 45 menit. Tambahkan biang susu dan aduk agar merata. Umpan sipa digunakan.
Bahan-bahan : keju parut sesuai yang dibutuhkan, 6 tetes essen tenggiri, 1 bungkus santan kara, 200 gram kroto, 5 butir telur ayam, kinoy seperlunya.
Cara membuat : semua bahan ditempatkan dalam baskom, aduk-aduk agar merata dan selanjutnya tuangkan dalam kantong plastik. Kukus adonan dalam kantong platik tadi kurang lebih 15 menit dan selama pengukusan dibolak-balik agar matang merata. Angkat dan dinginkan. Adonan kemudian diblender halus dan ditambahkan essen tenggiri. Umpan sudah bisa digunakan.

Resep Umpan Ikan Air Tawar Paling Jitu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri