Minggu, 19 Juli 2015

Tips Cara Mancing Di Pinggir Laut

Tips Cara Mancing Di Pinggir Laut - Casting Fishing adalah istilah untuk menyebut cara mancing di pinggir laut atau perairan lain. Caranya dengan membuang kail sejauh-jauhnya ke tengah laut. Dibarengi juga dengan penggunaan joran yang panjang maka pemancing bisa menjangkau sekitar 200 m dari pinggir pantai. Keberhasilan teknik yang satu ini tergantung dari keterampilan yang dimiliki seorang angler memainkan kelenturan joran, ketepatan pemilihan pemberat timbal dan juga kail yang bisa dilemparkan ke spot ikan di tengah laut.
Agar bisa mendaratkan ikan karang yang besar maka penghobi mancing harus menemukan perairan laut yang dalam sebagai habitat dari ikan karang antara lain ikan Kakap, ikan Kerapu maupun ikan Roti. Kerap juga ditemui pemancing yang memakai teknik casting namun tak berdiri persis di pinggir laut namun masuk ke dalam air. Dengan begitu maka jangkauan kail akan kian jauh sehingga kemungkinannya akan makin besar bisa menemukan spot terbaik dimana ikan-ikan target berada. Sebelum menerapkan teknik memancing ini ada baiknya para pemancing mempersiapkan sejumlah peralatan keselamatan yang dibutuhkan.

Kenakan sepatu boat yang bertujuan melindungi kaki-kaki dari batuan karang atau sisa sisa cangkang kerang yang tajam yang berada di dasar perairan. Gunakan Waders boat atau pakaian anti air dengan ketinggian hingga dada untuk melindungi tubuh saat berendam di dalam air sehingga tetap hangat. Fungsi lain dari baju anti air ini adalah melindungi tubuh dari dari sengatan hewan-hewan air ataupun ikan-ikan berbahaya.

Siapkan alat pancing yang dibutuhkan, tempatkan di dalam kantong misalnya persediaan kail, kenur, wadah ikan, umpan serta berbagai peranti lain yang diperlukan ketika menghadapi kondisi darurat seperti kail yang tersangkut atau mau menggantinya dengan yang lebih sesuai. Bila sudah dibawa ke tengah perairan tentu tak akan perlu repot-repot lagi kembali ke daratan hanya untuk mengganti kail atau mengganti umpan.

Pilih peranti memancing yang pas dengan target ikan yang akan dipancing. Teknik casting lazim digunakan dengan memakai joran tipe lentur yang dilengkapi dengan reel atau gulungan senar otomatis yang bisa menarik tangkapan dengan cepat. Kian lentur struktur sebuah joran serta pemilihan pemberat timah yang sesuai tentu akan menghasilkan jarak lemparan yang cukup jauh. Joran berukuran 3,6 m sudah bisa menjangkau jarak yang cukup jauh di perairan laut. Namun jika memang memperkirakan harus lebih jauh lagi maka bisa menggunakan joran berukuran 5,4 m.

Cara mancing di pinggir laut tak melulu mesti dilakukan di tepi pantai, namun bisa juga dilakukan dari atas dermaga, di atas batuan di tepi laut atau di atas kapal yang sedang buang jangkar atau sedang berjalan pelan di tepi dermaga. Nah selamat memancing dan salam Strike!

Tips Cara Mancing Di Pinggir Laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri