Tips Cara Mancing Ikan Baronang Yang Tepat

Ikan Baronang ada banyak jenis dengan beberapa diantaranya cukup populer bagi para anglers. Jenis-jenis itu adalah ikan Baronang Lingkis (Siganus canaliculatus), Baronang Lada (Siganus guttatus), Baronang Tulis (Siganus javus), Baronang Susu (Siganus fuscescens) dan Baronang Batik (Siganus vermiculatus). Ikan Baronang adalah golongan Rabbit Fish yang merupakan ikan pemakan tumbuhan. Kendati begitu ikan ini tak akan menolak jika disuguhkan umpan berupa daging cumi, udang rebon dan kerang hijau. Di alam aslinya Ikan baronang seringnya berkelompok dalam mencari lumut atau tritip yang menempel di struktur batuan karang, pondasi dermaga dan juga bagan.
budidaya ikan baronang, habitat ikan baronang, harga ikan baronang, klasifikasi ikan baronang, makalah ikan baronang, manfaat ikan baronang, resep ikan baronang, umpan ikan baronang,

Tips Cara Mancing Ikan Baronang

Cara Mancing Baronang Secara Umum Membutuhkan Beberapa Piranti

Joran

Gunakan joran tegek dari kelas hard tapper yang dibuat dari bahan carbon, graphit atau campuran. Agar joran sanggup menahan beban berlebih karena bertarung dengan ikan Baronang maka umumnya para angler melilitkan benang dan lem di ujung ruas kedua sampai ruas paling akhir agar joran tak pecah.

Senar

Gunakan senar transparan berkekuatan 10 lbs sampai 12 lbs. Senar diikat ke ujung joran tegek dan umumnya ditambahkan juga tali yang menempel di joran. Panjang senar menurut kedalaman air. Panjang senar jangan melebihi panjang joran sehingga mempermudah memasang umpan sekaligus juga saat melepas ikan hasil pancingan. Normalnya menggunakan panjang antara 3,5 m sampai 4 m.

Pelampung

Dibagi menjadi 2 yakni pelampung celup dan pelampung gantung. Pelampung ini memiliki lubang di tengah untuk memasukkan senar dan penjepitnya. Boleh menggunakan pelampung model lonjong, bulat kerucut dan lainnya. Untuk warna dipilih yang kontras dengan warna air laut untuk mempermudah pemancing mengamati getarannya jika umpan disambar ikan.

Kail

Kail yang dipakai berjenis kail garong dengan terdiri dari 6 sampai 8 mata yang digabung menggunakan solder. Gunakan kail nomor 5 atau nomor 6.

Penjepit umpan

Berguna menjepit umpan dan senar. Lazimnya dipakai stopper, timah daun, karet atau malah senar itu sendiri.

Umpan

Umpan mancing ikan Baronang paling umum digunakan lumut hijau. Kecuali itu para pemancing pun dapat menggunakan umpan pengganti diantaranya lumut merah, lumut lumpur, nasi lumat, kerang hijau, daging cumi, udang, daging kepiting, nasi lumat, buah pisang, dan lainnya. Sebagai umpan chum atau bom bisa digunakan nasi, namun jangan terlalu banyak agar ikan Baronang tak menjadi kenyang sehingga tak mau menyambar umpan.

Peranti pendukung

Siapkan sarung tangan agar tangan terlindungi dari terkena duri ikan Baronang yang beracun saat memegangnya. Jangan lupa juga kenakan topi pelindung terik matahari, kacamata agar tak silau, sepatu atau sandal saat pemancing harus masuk ke perairan. Cool box untuk menyimpan ikan Baronang hasil pancingan. Dan tak ketinggalan ransum untuk pemancing.

Cara pasang rangkaian pancing baronang, cara mancing baronang malam hari, lokasi dan cara mancing baronang, video cara mancing baronang, umpan jitu baronang tompel,jenis ikan baronang.

Tips Cara Mancing Ikan Baronang Yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri