Selasa, 28 Juli 2015

Tips Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas Untuk Lomba

Ikan Mas memang sudah lama sebagai ikan favorit untuk dipancing. Banyak pemilik kolam yang selalu menebarkan ikan Mas ke dalam kolam pancingan yang dikelolanya. Lomba mancing pun sering menggunakan ikan yang satu ini diantaranya lomba mancing Galatama ikan Mas, Lomba mancing ikan Mas harian dan sebagainya. Sehingga mengenali kebiasaan makan dan juga makanan di habitat aslinya sangat dibutuhkan agar pemancing dapat menentukan dengan tepat umpan seperti apa yang diberikan, kapan ikan Mas mulai makan, dsb. Dengan begitu dapat mengurangi kemungkinan kegagalan saat memancing ikan Mas ini.
Ikan Mas adalah jenis ikan pemakan segala yang rakus. Ikan konsumsi ini sangat senang mengubek-ubek dasar perairan dalam rangka mencari makanannya. Makanan alaminya terdiri dari tanaman air, lumut, keong, cacing, udang, kerang-kerangan, larva serangga dan hewan-hewan kecil lain yang ditemukan di sekitar perairan atau di dalamnya. Sementara pakan buatan mulai diberikan untuk Ikan Mas di kolam pembudidayaan atau di kolam pemancingan yang biasanya berupa sisa-sisa makanan. Untuk umpan buatan yang digunakan saat memancing dibuat dengan meniru aroma maupun bentuk makanan alaminya. Umpan ikan Mas terus berinovasi sejalan dengan hasil yang diperoleh di kolam pemancingan. Bila resep umpan ikan Mas dinilai gagal maka para pemancing akan berusaha mencoba-coba membuat resep umpan yang lain sampai diperoleh hasil sesuai yang diharapkan.

Supaya ikan Mas tertarik maka umpan yang diramu semestinya diformulasikan hampir menyamai makanan alaminya. Namun karena berkeinginan untuk memperoleh hasil pancingan lebih banyak lagi maka beberapa pemancing terus saja mencoba-coba meracik umpan baru dengan aroma khas dan juga dengan ditambahkan bahan-bahan lain misalnya susu, keju, telur dan mentega. Tujuannya cuma satu yaitu bisa mendaratkan lebih banyak ikan Mas.

Ciri Khas Makan Ikan Mas

Ikan Mas mempunyai cara makan yang khas yaitu membuka mulutnya selebar mungkin untuk kemudian menghisap makanannya layaknya mesin penyedot debu. Untuk itu umpan dengan tekstur lembut atau berbentuk partikel kecil pas jika diberikan untuk ikan Mas. Namun bilamana selera makannya sedang tinggi, apa saja makanan yang tersedia akan disedotnya. Setelah dicicipi dan cocok maka akan ditelan namun jika tak cocok maka akan disemburkan keluar.

Ikan Mas cukup galak untuk urusan makan pada pagi hari ketika cahaya matahari mulai bersinar, begitupun menyongsong senja hari. Sehingga waktu-waktu itu pun bisa digunakan sebagai pegangan kapan Ikan Mas sedang bernafsu memangsa umpan. Dan berikut cara membuat umpan mancing ikan Mas untuk keperluan Galatama. Umpan Jitu Ikan Mas memakai daging ikan mas atau daging belut. Cara pembuatan jika memakai daging ikan Mas, pertama keluarkan isi perut ikan Mas termasuk juga insangnya, selanjutnya dikukus hingga matang. Jika memakai daging belut maka cukup tempatkan dalam plastik bening, tambahkan selembar daun pandan plus daun serai dan selanjutnya dikukus sampai matang.

Tips Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas Untuk Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri