Tips dan Cara Mancing Ikan Belanak

Ikan Belanak yang memiliki nama latin Valamugil seheli merupakan jenis ikan laut tropis yang menyerupai ikan Bandeng. Di luar negeri ikan ini dinamakan dengan blue-spot mullet. Ikan Belanak mempunyai bentuk tubuh memanjang agak ramping dan tipis dimana sirip punggung mempunyai sebuah jari keras dan 8 jari-jari lemas. Cara mancing ikan Belanak agak berbeda dibanding memancing jenis ikan laut lainnya misalnya ikan Tenggiri dan ikan Kakap.
 
Tips Jitu Teknik Memancing,cara mancing ikan belanak di muara, cara memancing ikan belanak, cara membuat umpan ikan belanak,youtube,di sungai,model,

Tips dan Cara Mancing Ikan Belanak

Singkat Tentang Ikan Belanak

Ikan Belanak termasuk jenis ikan dengan kebiasaan berkelompok, namun begitu tak mudah untuk memancingnya. Ikan Belanak bisa beradaptasi dengan baik baik di lingkungan air asin maupun air tawar. Meski susah dipancing namun karena daya tarikannya yang mengejutkan banyak anglers yang penasaran untuk memancingnya. Mancing ikan Belanak umumnya dipilih spot di dekat muara sungai. Karakter ikan ini akan berkumpul bila umpan dihidangkan.

Beberapa Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mancing Ikan Belanak

Joran

Pilih joran dengan ujung elastis agar memudahkan dalam menangani perlawanan ikan Belanak.


Senar

Pilih senar yang kecil namun dan kuat dengan ukuran 0.2 mm.

Kail

Gunakan mata kail dengan ukuran 05, 06 atau 07. Sesuaikan dengan besar kecilnya ikan di lokasi mancing.

Rangkaian Pancing

Kail diikat satu satu menggunakan kenur berukuran 0.20 sejumlah 6 buah. Selanjutnya disatukan dengan ukuran rangkaian kira-kira 5 cm. Rangkaian tersebut berfungsi agar kail tak mudah lepas dan juga bertindak menjadi pancing garong untuk tancapan tambahan di badan ikan.

Pelampung

Cara mancing ikan Belanak pun menggunakan pelampung jika ikan ini lebih banyak berada di permukaan air.

Spot

Temukan spot berupa sungai dekat muara dengan aliran air yang tak deras. Penting untuk mengetahui keadaan pasang surut air laut.

Timah pemberat

Pilih timah pemberat dengan ukuran nomor 10 hingga nomor 12.
Buat sendiri dengan bahan-bahan : 250 gram tepung terigu , gula, mentega, gajih ayam, essen dan air secukupnya. Cara membuatnya, pertama tepung terigu dilarutkan dengan air secukupnya. Kemudian tambahkan mentega, aduk-aduk dan kukus selama 10 menit. Angkat dan dinginkan, kemudian tambahkan gajih ayam dan essen atau pasta secukupnya. Umpan lain bisa dibuat dari roti tawar. Caranya roti tawar ditambahkan air secukupnya, aduk hingga lembek.

Kemudian masukkan mentega, gajih ayam dan essen dan uleni hingga merata. Resep umpan mancing ikan Belanak terakhir bisa dibuat dengan menyiapkan bahan-bahan : 3 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, kacang tanah, minyak kelapa, essen dan penyedap masakan. Pertama kacang tanah digoreng, kemudian bawang merah dan bawang putih diiris tipis-tipis dan digoreng. Kacang dan bawang goreng ditumbuk bersama-sama hingga halus. Tambahkan sedikit minyak goreng dan gajih ayam, uleni dan umpan siap digunakan.

Tips dan Cara Mancing Ikan Belanak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri