Tips dan Cara Mancing Udang Galah di Sungai

Udang Galah (Macrobrachium rosenbergii) dinamakan juga udang raksasa sungai merupakan salah satu spesies udang yang banyak dibudidayakan. Udang Galah memang memiliki nilai ekonomis tinggi berkat rasa dagingnya yang gurih manis yang disukai banyak orang. Udang Galah memiliki habitat asli di perairan sungai berair jernih. Memancing dengan target udang Galah pun mengasyikkan. Cara mancing udang Galah memerlukan persiapan tersendiri.

Beberapa Piranti Yang Harus Dibawa

- Joran yang mempunyai ujung lentur dengan ring kecil.
- Reel spinning kelas kolam atau boleh pula memanfaatkan penggulung kayu.
- Senar jenis monofilament kelas 1 lbs hingga 2 lbs dan leader kelas 2 lbs hingga 8 lbs.
- Mata pancing dipakai kail khusus udang yang dinamakan circle hook nomor 9 hingga nomor 12.
- Timah pemberat kecil dilengkapi stopper. Pilih timah yang tak terlampau berat, cukup agar umpan tak terseret arus.

Umpan Mancing Udang Galah

Umpan mancing udang Galah yang biasa digunakan adalah cacing susu, cacing tanah atau cacing bakau. Bisa juga menggunakan anakan udang. Sedangkan sebagai umpan bom gunakan remukan kelapa bakar. Mancing udang Galah hendaknya tak dilakukan ketika air pasang atau sehabis turun hujan lebat. Paling ideal adalah di kala musim kemarau dengan kondisi air sedang surut. Umumnya udang Galah aktif mencari makan ketika malam dengan lokasi favoritnya ialah kayu-kayu yang terendam di sungai. Kecuali itu udang Galah pun kerap beraktifitas di dasar perairan.

Memahami Spot Mancing dan Jenis Umpan Yang Dipakai

Hal-hal yang harus diketahui saat mencari spot udang Galah diantaranya adalah : pahami bentuk dasar sungai lokasi mancing yaitu pilih dengan struktur berliku. Idealnya cari dasar sungai dengan cekungan dimana disitu arus air tak kelewat santer. Di cekungan tersebut biasanya udang Galah sering berada.

Jika udang Galah incara memiliki berat 300 gram ke atas maka biasanya umpan langsung dibawa kabur yang ditandai dengan ujung stick pancing yang melengkung. Sementara ukuran di bawahnya saat menyambar umpan maka tandanya ujung joran bergerak naik turun. Mancing udang Galah butuh kesabaran dan perasaan. Ketika umpan disantap udang, jangan langsung digentak sebab akan mengakibatkan mulut udang bisa sobek. Tarik joran perlahan seraya menggulung reel dimana posisi ujung joran di atas udang dan senar tegak lurus permukaan air. Udang Galah bila mengenai kail maka akan mundur ke belakang dengan menekuk tubuhnya. Bila joran dihentakkan kelewat kuat maka akan menyebabkan mulut robek.

Ketika udang Galah sukses didaratkan maka jangan meng-klik ekor udang sebab udang ini memiliki sungut tajam, dan juga kepala udang terdapat tanduk dengan gerigi tajam yang mampu menembus kulit jari tangan. Sedangkan capit tak terlalu membahayakan dengan syarat tak mengenai ujung capit yang tajam. Salam gentak!

Tips dan Cara Mancing Udang Galah di Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri