Tips Mancing di Waduk Cirata Untuk Pemula

Tips Mancing di Waduk Cirata Untuk Pemula - Waduk Citara merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Cianjur. Waduk tersebut terbangun dengan luas 62 km persegi genangan air dengan cara membendung air Sungai Citarum. Waduk Cirata sendiri berada di bawah teritori 3 kabupaten yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Purwakarta. Fungsi pokok waduk Cirata yakni untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), sebagai sumber irigasi pertanian, sumber air baku, dan sebagai lokasi bididaya ikan sistem karamba. Namun nyatanya juga memunculkan beberapa aktifitas lain terutama di sektor pariwisata termasuk di dalamnya adalah wisata mancing.
Beberapa jenis ikan yang ada di sana antara lain ikan potensi ikan Nila, ikan Hampala, ikan Toman, ikan Gabus, ikan Bawal, ikan Patin, ikan Jambal, ikan Mujahir dan ikan Nyimas. Memancing di waduk Cirata bisa dilakukan secara landbase di pinggiran waduk dengan joran tegeg. Atau juga menggunakan teknik casting dengan perairan yang terhampar sangat luas atau memancing agak ke tengah yaitu di atas rakit di keramba. Disediakan antara jemput menggunakan perahu dengan tarif antara Rp.15 ribu hingga Rp.25 ribu. Memancing di atas rakit sendiri dikenakan biaya Rp.10 ribu. Sedangkan bila ingin menyewa kapal sendiri bisa dengan membayar Rp.400an ribu.

Anda yang tertarik mancing di waduk Cirata, persiapkan dulu peralatan yang akan digunakan di sana. Mulai dari joran dan alat pancing komplit, payung untuk mengantisipasi jika hujan atau kepanasan, jas hujan, kaos lengan panjang, ember kecil untuk wadah umpan lumut, perbekalan pribadi dan juga wadah untuk menampung hasil tangkapan.

Untuk umpan, silahkan disesuaikan dengan target ikan yang akan dipancing di sana. Misalnya pelet super atau pelet udang digunakan untuk ngebom, umpan lumut bila menargetkan ikan Nila, umpan cacing untuk segala jenis ikan yang ada atau sediakan umpan Galatama jika menargetkan ikan Bawal atau ikan Mas jika memancing di kolam terapung. Sedangkan umpan tiruan jenis minnow wajib dibawa bila menginginkan bisa mendaratkan ikan Hampala waduk Cirata.

Memilih spot jika menginginkan di tengah waduk, lokasi idealnya ialah di rumah rakit yang strukturnya cukup tinggi dengan banyak enceng gondok di sekitarnya. Jika menggunakan perahu maka ikatkan perahu pada tiang pancang bambu supaya tak goyang berlebihan. Jika tanaman enceng gondok kelewat tebal, sibakkan sedikit sekedar dapat digunakan memasukkan kail ke perairan. Untuk pengebom atau pengawur cukup persiapkan menir. Penggunaan pelet sebagai pengebom cenderung menyebabkan ikan cepat kenyang dan akhirnya malah tak mau makan umpan.

Jika mancing di waduk Cirata dilakukan pada pagi hari maka gunakan umpan buatan yang sering disebut “geleng”. Sebab di pagi hari umumnya ikan Bawal yang aktif menyambangi umpan. Jika agak siangan ganti dengan umpan lumut untuk berburu ikan Nila besar. Mancing di waduk Cirata kemungkinan kail nyangkut atau putus merupakan hal yang sering terjadi, maka itu pakai kail yang murah saja serta gunakan senar yang tak terlalu halus.

Tips Mancing di Waduk Cirata Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri