Senin, 20 Juli 2015

Tips Umpan dan Cara Mancing Belanak

Tips Umpan dan Cara Mancing Belanak - Ikan Belanak (Mugil chepalus) kerap dipakai para pemancing untuk umpan ikan jenis Predator. Namun ikan yang satu ini pun dapat dipilih sebagai target utama mancing dengan sensasi yang tak kalah dengan ikan lainnya. Tidak sedikit para pemancing yang menyerah ketika memancing ikan ini sebab mereka tak tahu betul karakternya. Ikan Belanak memiliki 2 habitat yaitu ketika akan bertelur akan bermigrasi ke laut, sedangkan saat dewasa ikan ini akan kembali ke sungai. Ikan Belanak seringkali tak tertarik dengan segala macam umpan sekalipun itu berupa umpan jitu.

Cara Mancing Belanak Butuh Pengetahuan Mmengenai Hal-hal Berikut

Arus air

Ikan Belanak biasanya berselera makan saat sebelum air laut pasang atau saat sesudah air laut surut.

Kekuatan angin

Bila angin sedang tenang umumnya ikan Belanak akan sering berada di permukaan air. Sehingga cara mancing ikan Belanak bisa menggunakan joran tegeg yang dilengkapi pelampung. Bila angin sedang bertiup kencang maka lebih aman menggunakan teknik mancing dasaran.

Hujan

Bila cuaca sedang hujan biasanya akan mengirimkan lumpur yang mengeruhkan air di muara sebagai habitat ikan Belanak. Kondisi demikian tak akan efektif jika tetap memncing ikan Belanak ini. Namun jika hanya gerimis dan air tidak keruh, ini merupakan saat yang tepat mancing ikan Belanak sebab mereka sedang kelaparan.

Umpan

Untuk umpan mancing Belanak, beberapa pemancing memakai tepung terigu yang dimasak dan ditambahkan kuning telur, mentega atau susu. Umpan ini sangat jitu sebab sekaligus juga dapat digunakan sebagai umpan bom untuk menarik perhatian ikan Belanak. Umpan lain yang bisa juga digunakan dan cukup murah adalah roti tawar. Cukup dengan menancapkan potongan roti tawar ke kail selanjutnya sedikit ditekan sehingga roti lengket ke kail. Bisa juga dibuat adonan terlebih dulu dengan menambahkan sedikit air dan kemudian diuleni.

Berikut Umpan Jitu Mancing Ikan Belanak Yang Bisa Dibuat
Bahan-bahan : 1/2 kilo tepung gandum, 2 butir telur ayam, 4 sdm mentega, 10 sdm garam, air secukupnya, essen. Mula-mula mentega dilelehkan. Tambahkan garam, essen dan 250 ml air. Tambahkan telur dan larutan garam-essen ke gandum sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai adonan menjadi kalis. Adonan kemudian dikukus 3 menit kemudian angkat. Adonan kemudian ditumbuk ketika masih panas hingga menjadi dingin. Umpan siap digunakan.

Mata kail

Gunakan mata kail ukuran kecil namun kuat. Dapat menggunakan ukuran nomer 3.

Joran

Bisa digunakan joran tegeg sebab ikan Belanak biasanya hanya berenang di pinggiran saja dan juga karakter makan yang cepat. Pilih joran tegeg dengan karakteristik fast tapper yang umumnya terbuat dari material carbon.

Tips Umpan dan Cara Mancing Belanak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri