Sabtu, 18 Juli 2015

Trik dan Cara Mancing Ikan Nila Liar

Trik dan Cara Mancing ikan nila Liar - Siapa tak senang dengan aktifitas yang satu ini. Kecuali mengasyikkan ternyata aktifitas tersebut pun sebagai latihan kesabaran sekaligus memicu hormon adrenalin. Makin asyik lagi bila melakukannya rame-rame dengan teman-teman sehobi. Untuk kali ini kita akan sedikit mengenal cara mancing ikan Nila liar. Selama ini kita mengenal ikan Nila (Oreochromis niloticus) adalah salah satu jenis ikan budidaya air tawar. Ikan ini bila hidup liar bisa menjadi hama bagi jenis ikan budidaya lain. Ikan Nila termasuk jenis ikan yang sangat rakus sehingga wajar jika pertumbuhan tubuhnya sangat pesat.

Info Sekilas Ikan Nila dan Umpan Mnacing

Ikan Nila merupakan jenis ikan omnivora atau pemakan apa saja mulai dari plankton hingga berbagai jenis tanaman air. Tak heran jika ikan Nila sering digunakan menjadi pengendali tanaman gulma air seperti enceng gondok. Ikan ini masih memiliki kekerabatan dengan ikan Mujahir (ikan Jaer) sehingga sifat-sifat keduanya hampir sama. Umpan mancing ikan Nila liar di habitat alam biasanya digunakan lumut, sedangkan ikan Nila budidaya biasa digunakan pelet. Namun begitu ikan Nila liar pun kadang bisa didaratkan dengan menggunakan umpan racikan sendiri. Sebagai salah satu bahan penyusunnya tetap menggunakan lumut. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan : 250 gram tepung ketan, 1/2 bungkus tepung maizena, lumut sawah yang masih segar, 1 sendok makan vanilli. Semua bahan dicampur menjadi satu dan kemudian dikukus sebentar sekitar 5 hingga 10 menit. Nah sudah jadi umpannya dan siap digunakan.

Alat Yang di Gunakan

Selain umpan, keberhasilan memancing ikan Nila liar pun ditentukan oleh ketepatan pemilihan joran dan kail. Gunakan joran jenis tegek sepanjang 360 cm hingga 450 cm menurut kenyamanan pemancing dan juga sensasi strike yang ingin didapat. Kenur yang bisa dipakai memiliki diameter 0.50 mm dengan kekuatan hingga 40 lbs yaitu yang sanggup mengangkat hingga 2 kilo lebih. Namun ini pun disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Untuk pelampung, gunakan jenis pelampung jalan sebab mempunyai sensitifitas tinggi. Untuk kail gunakan ukuran no. 3, no.4 atau no.5.

Sebelum melempar pancing, taburkan dulu bom sebagai penarik ikan Nila berkumpul. Boleh memakai bekatul untuk taburan ini. Di daerah tertentu sering pula dipakai beras sebagai umpan tabur yang efektif memancing ikan berkumpul. Pilih beras ketan untuk umpan tabur ini. Tunggu beberapa saat dan jika tampak gelembung air yang mencapai permukaan berarti tanda jika ikan Nila mulai berkumpul dan memangsa umpan tabur yang diberikan.

Umpan lumut dipasang di kail dengan cara memasukannya ke ember kemudian diputar-putar pelan-pelan sehingga kail terselimuti lumut. Namun ada pula jenis lumut yang cuma dapat dipasang ke kail dengan melilitkannya saja. Sekarang umpan siap dilempar ke spot yang diinginkan.

Trik dan Cara Mancing Ikan Nila Liar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri