Senin, 27 Juli 2015

Umpan Mancing Ikan Bawal di Kolam

Ikan Bawal air tawar dengan nama latin Colossoma macropomum adalah jenis ikan yang didatangkan dari Amerika Latin ke Indonesia. Ikan ini kini menjadi salah satu jenis ikan penting dalam budidaya air tawar. Salah satu keunggulan ikan ini adalah perkembangan tubuh yang cepat sehingga bisa cepat dilakukan pemanenan. Ikan ini sekilas mirip dengan ikan hias jenis Arwana sehingga beberapa hobiis pun menjadikan ikan ini untuk mengisi aquarium di rumah mereka.
Tips Jitu Teknik Memancing,cara memancing ikan kakap,merah,putih,bawal besar,lele,empang,malam hari,yang ampuh,

Umpan Mancing Ikan Bawal di Kolam

Biograpi Ikan Bawal

Ikan yang satu ini pun sangat mirip dengan Bawal laut (Stromatius niger) yang karenanya dijuluki Bawal air tawar. Ikan Bawal air tawar sering dijadikan sebagai target mancing di kolam-kolam pemancingan. Secara fisik ikan Bawal memiliki ciri-ciri tubuh yang berbentuk oval dengan tubuh bagian atas berwarna kuning agak hijau dengan sedikit abu-abu gelap. Sementara tubuh bagian bawah dominan warna putih. Ciri khas yang membedakan dengan Bawal laut adalah adanya warna merah mulai tepi sirip perut kemudian sirip anus dan berakhir di serip ekor. Memiliki gigi-gigi yang tajam untuk merobek makanannya.

Habitat alam liar dari Bawal ini berupa sungai-sungai dengan aliran air deras dengan hidup secara berkelompok. Makan segala jenis makanan baik dari jenis tumbuhan maupun jenis hewan (Omnivora). Ikan Bawal anakan lebih cenderung bersifat karnivora (pemakan daging) terutama dari jenis udang-udangan, siput dan kepiting. Ikan ini pun memiliki karakter kanibal alias memakan sesama Bawal lain. Ikan Bawal bagi kalangan pemancing adalah keasyikan tersendiri terutama saat berusaha mengatasi perlawanan ikan asli Amazon ini. Cara mancing ikan Bawal kolam menggunakan teknik casting cukup populer. Teknik memancing ini memanfaatkan umpan tiruan (lures) dari jenis-jenis minnow.

Cara Mancing Dan Umpan Yang Dipakai

Sebelumnya amati dulu keadaan permukaan kolam. Bila ditemukan tenggakan-tenggakan maka bisa dipilih umpan tiruan jenis minnow. Sebab banyak ikan Bawal yang berada di sekitar permukaan air. Namun bila cuma beberapa tenggakan maka digunakan umpan spoon atau deep diver minnow sebab ikan banyak berada di dasar perairan. Umpan mancing ikan Bawal dari jenis Minnow atau spoon yang dapat menggunakan ukuran 3 cm hingga 5 cm. Gunakan hooks dengan kualitas tinggi supaya tak lempang ketika disikat ikan Bawal.

Untuk Ikan Bawal Joran gunakan kelas 1000 atau 2000 sudah memadai. Senar gunakan yang jenis monofilament mulai kekuatan 6 lbs hingga 10 lbs. Namun jangan lupa lengkapi dengan leader yang agak besar pada ujung senar dengan kekuatan kurang lebih 20 lbs agar bisa meredam gigi-gigi tajam ikan Bawal. Bila seluruh peralatan tempur telah disiapkan maka mulai casting hingga mencapai spot ikan. Lebih bagus lagi bila dapat melampauinya. Namun dikarenakan kolam pancing seringnya ramai, tidak usah melakukan casting terlalu jauh terkecuali lemparan anda sudah terlatih baik. Saat paling rakus ikan ini dalam menyambar umpan adalah jam biologis makan mulai matahari terbit hingga sekitaran jam 9 pagi. Kemudian pada sore hari menjelang petang.

Umpan Mancing Ikan Bawal di Kolam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri