Rabu, 22 Juli 2015

Umpan Mancing Ikan Nila Liar

Umpan Mancing Ikan Nila Liar  - Ikan Nila (Oreochromis niloticus) termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah dalam perkembangbiakannya. Ikan yang berasal dari Afrika ini banyak ditemukan di berbagai jenis perairan di Indonesia seperti di waduk-waduk, sungai, rawa, empang dan juga dibudidayakan di kolam-kolam pembesaran. Ikan Nila liar biasanya dijadikan sebagai target mancing para mancing mania. Ikan yang memiliki rasa daging yang cukup gurih ini bersifat omnivora atau mau makan apa saja yang diberikan.
cara mancing ikan nila besar,gif,merah,

Namun umpan mancing ikan Nila liar maupun di kolam paling jitu memang menggunakan lumut. Untuk lumut boleh menggunakan yang masih ranum atau yang sudah tua. Terpenting pilih lumut yang cukup panjang sehingga gampang dikaitkan di kail.

Jenis Lumut Ikan Nila ini Dibedakan Menjadi 3 Grup

Lumut bertekstur halus

Memiliki helaian yang kecil menyerupai kapas.Satu ini sangat disukai oleh ikan Nila ukuran kecil atau anakan. Untuk itu agar ikan Nila kecil tak ikut mengerubuti umpan, tambahkan sedikit sampo cair ke lumut halus ini.

Lumut bertekstur pertengahan

Memiliki helaian yang merupakan campuran antara kasar dan halus.

Lumut bertekstur kasar

Memiliki bentuk helaian yang cenderung besar-besar menyerupai helaian sapu ijuk. Lumut jenis ini sangat cocok digunakan untuk menargetkan ikan Nila babon. Lumut jenis ini cenderung kaku sehingga agak sulit bila dililitkan ke kail. Untuk itu tambahkan sejumput garam dan campurkan merata ke lumut, biarkan beberapa saat sampai tekstur lumut menjadi lembut.

Cara Penagannan Lumut Umpan Mancing

Lumut  pun butuh penanganan khusus agar tak rusak dan membusuk sebelum digunakan. Untuk itu tempatkan lumut ke dalam wadah ember, tambahkan air secukupnya. Lindungi dari terkena sengatan matahari langsung agar awet kesegarannya. Penambahan berbagai bahan tambahan seperti essen, vanilli, masako atau bahan lain membuat lumut tak bisa bertahan lama dan cepat membusuk. Penggunaannya bisa polosan hanya lumut saja atau diberikan sedikit aroma seperti essen Choya, essen cocopandan, essen stroberi dan lainnya.

Umpan mancing lainnya yang juga patut dicoba adalah mi instan diremuk hingga lembut, kemudian ditambahkan kuning telur bebek dan diaduk rata sampai diperoleh tekstur yang kenyal agar bisa lengket di mata kail dengan kuat. Selanjutnya tinggal jumput sedikit adonan dan dipasangkan ke kail. Beberapa pemancing lain menggunakan cacing sebagai umpan ikan Nila. Biasanya dipilih jenis cacing merah yang bisa diperoleh dengan membeli atau mencarinya di sawah.

Cara mancing ikan Nila liar bisa umumnya digunakan teknik glosor dimana kail dan umpan berada di dasar perairan. Namun ada juga yang memakai teknik semi casting menggunakan pelampung dengan umpan diberikan akar enceng gondok kecil dan diseret pelan-pelan di permukaan air.

Umpan Mancing Ikan Nila Liar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri