Umpan Mancing Ikan Nila Malam Hari

Umpan Mancing Ikan Nila Malam Hari -Ikan air tawar ada berbagai jenis yang sebagian diantaranya adalah kelompok ikan kosmopolit yakni jenis ikan yang bisa dijumpai di mana-mana. Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) adalah salah satu contohnya. Ikan ini hampir ada di perairan di seluruh wilayah Indonesia dengan nama daerahnya masing-masing, misalnya di derah Jogja disebut dengan ikan Kakap gunung. Memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dengan berat bisa mencapai 6,5 kg.


Ikan Nila Pengetahuan Singkat

Digolongkan dalam ikan Omnivora atau pemakan segala macam makanan mulai dari fitoplankton, perifiton, tanaman air, invertebrata kecil, fauna bentik, detritus dan lapisan bakteri yang berada di antara detritus. Ikan Nila dapat menyaring makanan mukosa rongga bukal kendati sumber utama makanannya ialah lumut-lumutan. Ikan Nila selain memiliki habitat di sungai dan waduk, juga bisa ditemukan di rawa-rawa. Memancing ikan Nila bisa dilakukan baik di siang hari maupun malam hari.

Namun jika menginginkan memancing ikan Nila di malam hari maka beberapa persiapan lebih harus dilakukan. Seperti membawa lampu penerangan, senter, baju hangat dan juga makanan dan minuman. Peralatan pancing yang digunakan sama saja antara mancing siang atau malam. Sementara umpan mancing ikan Nila malam hari selain bisa menggunakan lumut segar juga pilihan umpan lain seperti : pelet dengan bau amis, ulat beras, udang air tawar dan sebagainya.

Beberapa Variasi Lain Umpan Mancing Ikan Nila Malam Hari

Lumut sawah + essence

Lumut sawah dapat ditambahkan essence vanili atau cocopandan. Gunakan kail ukuran kecil untuk menyangkutkan lumut sawah. Supaya tak tenggelam, bisa menggunakan pelampung yang dibuat dari busa kecil.

Cacing



Paling pas adalah jenis cacing kristal.

Ulat beras

Bisa diperoleh di dalam tempat penyimpanan beras yang sudah terlalu lama tak dibuka. Memang tak setiap waktu anda bisa memperoleh umpan mancing ikan Nila yang satu ini. Namun jika bisa menggunakan umpan mancing ini, ikan Nila biasanya akan cepat menyergapnya.

Udang air tawar

Ikan Nila pun mau bila diberikan umpan mancing dari potongan udang air tawar ini. Gunakan yang ukuran kecil atau potongan daging udang yang kecil.

Ulat buah Belimbing

Buah Belimbing yang busuk atau terlalu masak di pohon biasanya di dalamnya dijumpai ulat. Ulat-ulat ini pun bisa digunakan sebagai umpan mancing ikan Nila.

Umpan jadi pelet BP-9

Adalah umpan jitu mancing ikan Nila dalam bentuk sudah siap pakai. Pelet BP-9 ini pun bisa digunakan sebagai pakan bom dengan cara menambahkannya dengan sedikit air agar lebih lunak, kemudian taburkan ke spot ikan Nila yang diincar. Umpan buatan ini pun bisa digunakan memancing dengan teknik casting yaitu kail yang sudah dipasangi umpan dan diberikan timah pemberat ukuran besar kemudian dilempar sejauh mungkin ke titik yang diinginkan.

Umpan Mancing Ikan Nila Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri