Jumat, 31 Juli 2015

Umpan Mancing Ikan Nila Merah Paling Jitu

Ikan Nila Merah -Termasuk ikan populer untuk dijadikan sebagai target mancing ialah ikan Nila merah. Oreochromis niloticus adalah salah satu jenis ikan Nila varietas unggulan yang memiliki warna tubuh menarik. Sekilas ikan ini mirip dengan ikan Kakap merah. introduksi yang didatangkan dari Thailand dan Philipina. Di Indonesia jenis yang banyak dibudidayakan asal Thailand. Seperti juga memancing jenis ikan lain, penentu keberhasilan memancing  pun berasal dari pemilihan tempat yang tepat dan memilih umpan yang tepat.Umpan yang digunakan untuk memancing Oreochromis niloticus biasanya menggunakan beberapa macam pilihan seperti berikut ini.

Pilihan Umpan Mancing Nila Merah

Cacing

Umpan berupa cacing yang menjadi kesukaan ikan Nila adalah cacing merah. Bisa juga menggunakan cacing yang biasanya hidup di gedebog pisang yang membusuk. Namun kelemahannya ini adalah gampang putus saat berada di air sehingga pemancing harus berulang kali mengecek mata  kail.

Lumut

Beberapa jenis lumut dapat dipakai sebagai umpan memancing diantaranya adalah lumut sawah dan lumut yang tumbuh di sungai. Lumut-lumut tersebut biasanya menyerupai rambut atau serabut-serabut berwarna hijau pekat. Bisa diperoleh di parit-parit ataupun areal sawah dengan genangan air. Anda yang memakai lumut sebagai umpan kemungkinan besar akan bisa mendaratkan ikan Nila dengan cepat dan bila beruntung, ikan Nila babon pun akan tersangkut mata kail. Lumut jenis lain yang juga dapat dipakai ialah lumut yang berada ditambak,dengan tekstur kasar berwarna hijau muda. Bila akan dipakai lazimnya lumut ditaburi dulu dengan sedikit garam supaya lebih lunak. Tipikal ikan Nila saat memakan umpan adalah dengan cara menyedot sehingga seringkali tak memberikan sinyal getaran pada pelampung maupun senar. Pengalaman akan mengajarkan kepada para pemancing mengenali umpan yang disambar ikan atau belum.

Rebon

Yakni udang berukuran kecil yang digunakan sebagai umpan dengan cara ditusukkan ke kail di dekat ekor udang. Usahakan tak terkena urat punggung agar udang bisa tetap hidup saat di dalam air. Penggunaan umpan udang ini bisa menggunakan 2 kail sekaligus dengan masing-masing kail 1 ekor udang. Usahakan udang yang digunakan sebagai umpan ditempatkan dalam wadah berventilasi. Dan saat tiba di spot memancing segera benamkan wadah tersebut ke air.

Kroto

Umpan mancing ikan Nila merah yang juga cukup galak adalah kroto. Pilih dari jenis kroto yang masih segar dengan ciri aromanya yang sedikit kecut. Cara membuatnya dengan mencampur kroto ke adonan tepung kanji. Masak sebentar sembari diaduk-aduk hingga membentuk adonan seperti lem. Angkat adonan dan biarkan mendingin baru bisa digunakan. Ambil sedikit adonan dan tempelkan ke kail, agar lebih galak, umpan tadi bisa ditaburi dengan sedikit kroto.

Umpan Mancing Ikan Nila Merah Paling Jitu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri