Sabtu, 18 Juli 2015

Umpan Mancing Ikan Patin di Danau

Umpan Mancing Ikan Pati di Danau - Ikan Patin (Pegasius) memiliki sebutan lain ikan Jambal ialah tipe ikan yang sering berada di dasar perairan. Ikan Patin ini biasa dijumpai di sungai dan danau. Ikan Patin biasanya senang beraktifitas di air yang agak dalam dengan banyak tumbuhan sebagai tempat bersembunyi. Ikan ini pun gampang ditemukan di perairan danau dengan ikan-ikan kecil di dalamnya sesuai dengan karakter makannya sebagai ikan predator. Untuk di Jakarta spot favorit ikan Patin adalah Danau Sunter. Kebanyakan Anglers mengakui jika Strike ikan ini sangat mantap dengan sensasi yang menantang. Umpan mancing ikan Patin di danau bisa bermacam-macam.
umpan mancing ikan patin besar,umpan mancing ikan patin sungai,umpan mancing ikan patin harian,umpan mancing ikan patin galatama,mancing mania umpan ikan patin,

Umpan Mancing Ikan Patin di Danau

Memancing Ikan Patin Di Danau

Dari beberapa pemancing yang sering memancing di danau diperoleh penjelasan jika umpan mancing ikan Patin adalah potongan roti yang dibuang kulitnya. Atau bisa juga menggunakan roti tawar, juga dihilangkan bagian yang berwarna coklat. Beberapa pemancing lain ada yang menggunakan ati ayam yang dikukus sebentar dan kemudian diiris-iris kecil. Ada lagi yang terlebih dulu mempersiapkan spot mancing dengan memberikan bom berupa bungkil yang diserut kasar ditambah pelet, kemudian baru keesokan harinya memancing di situ.

Untuk rangkaian pancing boleh memakai pelampung ataupun tidak. Biasanya terdiri dari 1 atau 2 kail size kecil hingga medium menyesuaikan dengan bukaan mulut ikan Patin yang tak lebar. Pakai leader, kili-kili plus timah (gunakan timah melinjo) juga size kecil. Jika menggunakan pelampung, pastikan umpan bisa menyentuh dasar danau. Pasang karet stopper pada kenur utama dengan jarak sekitar 5 cm supaya timah tak bergerak terlalu jauh dari kili-kili. Begitu melempar umpan cek bahwa senar selalu lurus antara pemancing dengan umpan. Tak usah menarik senar supaya tegang, namun biarkan sedikit kendor dengan begitu kenur nampak terapung di permukaan air segaris dengan pemancing. Jika ada ikan Patin yang memangsa umpan maka akan nampak senar lurus tadi bergerak di permukaan air.

Cara Ikan Patin Memakan Umpan

Kebiasaan ikan Patin biasanya tak membawa umpan dengan sekali sentakan, untuk itu begitu kenur bergerak secepatnya saja sentakkan joran. Terlambat menyentak akibatnya umpan akan dimuntahkan ikan Patin. Sebagai pemula anda dianjurkan menggunakan kenur dengan kekuatan 8-12 lbs, sementara yang sukda dengan cara tarik-ulur boleh memakai kenur size 2-6 lbs. Tarikan pertama biasanya tak akan menyebabkan ikan Patin ukuran besar memberikan perlawanan sengit. Namun semakin ditarik ke pinggir danau maka ikan Patin mulai berontak.

Waspada dengan sentakan mendadak ikan Patin bila menggunakan kenur kecil sebab beresiko putus. Saat ikan Patin mendekati tepi danau dan siap didaratkan, segera ambil serokan. Saat mengangkat ikan untuk diserok, jangan memegang kenur sebab jika memakai senar kecil, ikan Patin seringnya berontak sekuat tenaga yang kemungkinan akan memutuskan senar. Salam Gentak!

Umpan Mancing Ikan Patin di Danau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri