Umpan Mancing Ikan Patin di Kolam Pemancingan

Ikan Patin liar (Pangasius djambal) disebut juga dengan ikan Jambal adalah kelompok ikan yang banyak berada di perairan dekat dasar atau istilahnya ikan Demersal. Ikan Patin adalah ikan dengan aktifitas di malam hari. Dilihat dari bentuk mulutnya yang lebar serupa dengan ikan Lele dan ikan Gabus. Di malam hari ikan ini keluar dari persembunyiannya untuk mencari mangsa berupa keong, cacing, udang, serangga dan juga biji-bijian. Ikan Patin merupakan ikan yang terkenal rakus urusan makan. Ikan ini bisa makan dalam jumlah besar sekali makan.
Tips Jitu Teknik Memancing,umpan mancing ikan nila di kolam pemancingan,air tawar,besar,patin galatama,kolam harian,

Umpan Mancing Ikan Patin di Kolam Pemancingan

Habitat Berbagai Tempat Serta Pola Mencari Makan

Ikan Patin liar banyak ditemukan di 3 sungai Citarum, sungai Bengawan Solo serta sungai Brantas. Sementara di waduk ikan ini dijumpai di waduk Jatiluhur, waduk Cirata, waduk Saguling, waduk Gajah Mungkur, waduk Pondok, waduk Pacal, waduk Karangkates dan waduk Lahor. Adapun species ikan Patin yang dipelihara di kolam pancing atau kolam pembudidayaan berasal dari Thailand yakni species Pangasius hypopthalmus dan Pangasius sutjii. Secara umum umpan mancing ikan Patin di kolam pemancingan bisa digunakan cacing, pelet, roti tawar dan ramuan pelet sesuai resep ikan kolam pada umumnya. Cara mancing ikan Patin dapat memilih menggunakan rangkaian berpelampung atau teknik dasaran sebab ikan yang satu ini memiliki kecenderungan beraktifitas di dasar perairan namun beberapa kali juga muncul ke permukaan air (bentopelagik).

Ikan Patin di kolam pun sama saja dengan di alam yaitu memiliki kebiasaan mencari makan di malam hari. Termasuk aspek penentu kesuksesan mancing secara umum yakni mengetahui pola makan ikan (food habits) sekaligus juga cara ikan memakan (feeding habits). Pada praktek memancing kedua aspek tadi kerap dilupakan sehingga angler kadangkala mengeluh jika ikan target tak sudi menyentuh umpan sekalipun. Hal tersebut belum tentu diakibatkan umpan yang tak sesuai namun bisa juga disebabkan mancingnya bukan di waktu yang tepat. Waktu dimana ikan tengah tak berselera makan. Sebab itu kemungkinan kecil pemancing akan sukses mendapatkan ikan tanpa dia paham food habits dan feeding habits ikan bersangkutan.

Menyiapkan Umpan Mancing

Setelah anda mengetahui kebiasaan makan dan cara makan ikan Patin kolam maka saatnya anda menyiapkan umpannya. Umpan mancing ikan Patin di kolam pemancingan bisa diramu sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Pertama anda bisa menggunakan bahan-bahan berupa roti tawar, pelet ikan dan kuning telur bebek. Ketiga bahan diuleni menjadi satu hingga merata dan kalis. Umpan siap dibentuk dan dipasangkan ke mata kail. Resep umpan mancing ikan Patin di kolam pemancingan selanjutnya anda bisa menyiapkan bahan berupa tepung roti dan santan kelapa. Campur keduanya hingga menjadi adonan yang liat dan mudah dibentuk. Resep umpan Patin kolam pemancingan terakhir bisa menggunakan daging ikan Mas yang sebelumnya di kukus sebentar. Umpan siap digunakan.

Umpan Mancing Ikan Patin di Kolam Pemancingan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri