Cara Memancing Siakap Kolam dan Umpan Jitu yang Digunakan

Cara Memancing Siakap Kolam dan Umpan Jitu yang Digunakan - Ikan Siakap adalah sebutan populer untuk ikan Kakap putih atau ikan Barramundi atau disingkat ikan Barra. Ikan ini terkenal dengan rasa dagingnya yang gurih dan lezat dimasak apapun. Ikan Siakap sering dijadikan sebagai menu andalan restoran dan rumah makan terkenal. Sedangkan bagi para pemancing, ikan Siakap terkenal karena sensasi perlawanan yang diberikannya sering memacu adrenalin. Kini arena kolam pemancingan pun sudah banyak yang menebar ikan Siakap menjadi obyek mancing yang asyik.
tips jitu teknik memancing,teknik memancing siakap kolam,tip memancing siakap kolam,

Sekilas Tentang Siakap

Ikan Siakap bisa ditemukan baik di sungai maupun di laut. Termasuk dalam kelompok ikan predator dengan makanan utamanya berupa ikan-ikan kecil, udang-udang kecil, serangga air, dan bahkan juga anaknya sendiri. Barramundi  memiliki kemampuan mentoleransi kadar salinitas. Saat akan bertelur ikan Siakap betina ini akan berenang menuju sungai untuk meletakkan telurnya. Setelah menetas dan menjadi Siakap muda selanjutnya mereka akan kembali ke laut.

Cara Memancing

Siakap kolam tak sesusah seperti saat memancing Siakap di laut. Namun sebelumnya harus dipersiapkan persenjataan yang dibutuhkan. Pertama dibutuhkan joran kelas PE 1-2 yang dipadankan penggunaan reel kelas 2000 - 3000. Untuk tali senar yang bisa digunakan dipilih kelas 10 - 20 lbs, sedangkan untuk leader digunakan kelas 20 - 30 lbs. Untuk kail biasa digunakan ukuran 3 - 5. Umpan Barramundi paling sering digunakan adalah udang hidup yang ditancapkan di ekor pada ruas terakhir. Sesuai dengan nalurinya, ikan ini menangkap mangsa dengan menyambarnya secara cepat. Beberapa pemancing lain menggunakan anak katak, anak ikan Belanak, anak ikan Lampan, potongan pisang, irisan ikan Selayar dan ikan Kembung.

Teknik Mancing Siakap

Untuk tekniknya bisa dipilih menggunakan pelampung, dasaran atau teknik casting menggunakan umpan udang hidup atau juga lure yang bisa menyelam agak dalam. Waktu terbaik memancing ikan Siakap adalah di pagi hari. Pagi hari secara biologis  dalam kondisi lapar sehingga Barramundi ini akan dengan agresif akan memburu ikan-ikan kecil dan udang. Kakap putih pun biasanya garang menyambar umpan jika air sedang pasang dimana ia akan menyusuri sungai hingga sampai hulu mengikut arus pasang.

Kolam Tempat Pemancingan

Kolam memancing Siakap atau Kakap putih sudah mulai banyak bermunculan di beberapa tempat. Biasanya menggunakan air payau sehingga tempatnya tak jauh-jauh dari laut tentunya. Kakap putih biasanya menggunakan sistem mancing kiloan dimana yang didapat akan ditimbang dan pemancing membayar jumlah kg yang didapat dikalikan harga per kilo yang ditetapkan di sana. Namun biasanya lebih mahal dari harga pasaran. maklum ini tak melulu membeli ikan namun ada unsur hiburan (memancing) yang mesti dibayar. Cara memancing Siakap menggunakan minnow memang kurang lazim, meski begitu tetap bisa digunakan.

Cara Memancing Siakap Kolam dan Umpan Jitu yang Digunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri