Senin, 03 Agustus 2015

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri -Pelampung adalah alat bantu sekaligus juga penanda saat memancing. Pelampung tak cuma berguna memberi tanda umpan dimakan target namun juga dapat menjadikan gerakan umpan nampak alami. Pelampung biasanya diproduksi dari berbagai bahan misalnya kayu, gabus, fiber, karet, plastik dan bahkan juga bulu merak. Bentuknya pun bermacam macam antara lain memanjang, membulat, seperti gasing, oval dan bentuk-bentuk lain meski fungsinya tetap sama.
Penentuan bentuk pelampung sangat tergantung dari arus air di lokasi mancing. Bila memancing di empang maka digunakan model panjang berukuran antara 9 hingga 12 cm. Jika ingin memancing di pantai biasanya dipergunakan pelampung model bulat atau seperti gasing. Namun untuk lomba mancing Galatama atau memancing dengan cara trolling di tengah laut biasanya tak memakai pelampung. Ketika umpan sampai di dasar maka pelampung akan mengambang di permukan air. Umpan di dasar yang disambar ikan menyebabkan pelampung bergerak naik turun atau malah masuk ke dalam air saat umpan ditarik ikan besar. Itu artinya ikan sasaran sudah tersangkut kail.

Bila ikan yang terpancing mempunyai berat melebihi 1 kilo maka umumnya pelampung langsung tenggelam sebab ikan besar mempunyai cara makan kasar. Saat memancing malam hari maka biasanya ujung pelampung berbentuk panjang bisa ditambahkan chemical light yang menyala di kegelapan hingga berjam-jam. Selain dengan membeli jadi, para pemancing pun bisa membuatnya sendiri.

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri Secara Sederhana

1. Mula-mula bubut kayu untuk pelampung menurut bentuk yang diingin boleh model memanjang, lonjong atau oval.
2. Berikan lubang di tengah pelampung menggunakan mata bor ukuran 1.5 mm, 2 mm atau 2,5 mm hingga tembus bawah.
3. Sisipkan lidi atau fiber lurus menyesuaikan dengan diameter lubang pelampung dan kemudian dituangkan lem.
4. Pelampung dicat warna dasar putih lebih dulu, sesudah itu baru diberikan cat melingkar atau bentuk-bentuk lain. Jika umpan akan digunakan untuk mancing di malam hari maka sisi atas dapat dicat menggunakan warna fluorescence.

Membahas cara membuat pelampung mancing yang dikenal juga stopper dan bead. Stopper adalah jenis pelampung yang terbuat dari karet yang terpasang di kenur atas dan bawah. Stopper atas memiliki fungsi mengukur kedalaman air sedangkan stopper bawah berfungsi untuk mengganjal pelampung utama supaya tak turun. Makin tinggi stopper atas berarti kedalaman air makin dalam. Sedangkan Bead adalah jenis pelampung yang dibuat dari plastik, istilah di kalangan pemancing adalah manik-manik. Fungsinya hampir sama dengan stopper yakni menahan pelampung utama atau timah dengan lubang besar supaya tetap berada di tempatnya.

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri