Jenis Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai

Jenis Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai - Ikan Tawes (Barbodes gonionotus) adalah jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi masayrakat Indonesia. Ikan ekonomis ini memiliki rasa daging yang gurih sehingga sangat lezat bila dimasak dengan berbagai cara. Tawes berukuran kecil umumnya dikeringan untuk dijadikan ikan asin. Sementara yang besar bisa dimasak apa saja baik itu digoreng, dibakar atau dipepes. Ikan asli perairan Indonesia ini banyak ditemukan di sungai-sungai di pulau Jawa. Selain itu ada juga yang hidup di rawa-rawa. Memancing ikan biasanya memilih spot di sungai dengan kondisi air yang jernih dan berarus.
umpan mancing ikan tawes di kolam yang ampuh, mancing ikan awes,

Ikan Tawes

Ikan Tawes akan cepat mati jika habitatnya tercemar, keruh dengan kadar oksigen terlarut yang rendah. Di alam ikan ini bisa mencapai panjang 50 cm dengan bobot mencapai 2 kg, dan termasuk ikan herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan mulai dari fitoplankton, beberapa jenis tumbuhan air maupun rerumputan dan tanaman talas yang tumbuh di dekat sungai. Ikan ini pun suka memakan lumut yang biasa menempel di bebatuan di sungai. Sementara di kolam budidaya ikan ini diberikan pakan berupa pelet.

Umpan Mancing Iikan Tawes

Umpan mancing ikan Tawes di sungai biasanya menggunakan lumut. Akan tetapi memakai lumut di musim kemarau seringnya tak begitu efektif sebab di dasar sungai sendiri biasanya tumbuh banyak lumut. Saat memancing Tawes di musim kemarau hendaknya memakai umpan pelet Tenggiri Belut. Sedangkan di musim hujan, umpan mancing di sungai memakai lumut biasanya sudah mencukupi. Akan tetapi saat musim hujan, waktu paling tepat memancing adalah 2 hari sesudah banjir di sungai mereda. Kondisi banjir di sungai akan mengakibatkan ikan Tawes menderita stres dan akibatnya ia ogah makan. Dengan menunggu antara 2 hingga 3 hari maka Tawes akan kelaparan sehingga otomatis akan mencari makanan.

Spot Mancing

Untuk spot sungai kecil yang kemungkinan target di situ pun kecil, menggunakan joran spinning tak pas digunakan karena bisa memberikan sentakan yang cukup kuat yang akan membuat mulut sobek dan akhirnya malah lepas. Gunakan saja joran tegek lentur sepanjang kurang lebih 270 cm. Pasang pelampung kayu berukuran 3 cm yang akan lebih sensitif dengan sentuhan ikan Tawes kecil. Kenur pun pilih yang kecil dan lentur. Ikan Tawes memiliki cara memakan umpan dengan disedot mulutnya. Kalau kenur cenderung kaku, akibatnya umpan tak gampang terhisap seketika dengan begitu sulit terkena kail.

Untuk spot sungai yang besar, pemancing dapat memakai teknik memancing lempar dengan joran jenis antena. Tidak usah memakai pelampung namun gunakan saja lonceng jepit pada ujung joran. Agar makin mantap bisa dipasangkan beberapa kail berpelindung plastik ataupun batok kelapa sehingga umpan tak hanyut terseret arus. Pasang pula timah pemberat yang besar supaya kail dapat dilempar sejauh mungkin dan pelindung umpan berupa batok kelapa dapat tenggelam hingga dasar sungai. Siap untuk mencoba mancing ikan tawes disungai,semoga sukses.

Jenis Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri