Mancing Mania Umpan Ikan Patin Buatan Sendiri

Mancing Mania Umpan Ikan Patin Buatan Sendiri - Ikan yang termasuk dalam keluarga lele-lelean (catfish) ini memiliki habitat alami di sungai-sungai yang memiliki aliran air tenang dan dalam. Ikan Patin (Pongasius djambal) memiliki tampilan yang serupa dengan ikan Lele dan juga ikan Gabus. Ikan ini pun memiliki sepasang kumis di kiri dan kanan ujung mulutnya. Gunanya sebagai sensor pendeteksi keberadaan makanan dan juga sebagai pemandu ketika berenang di perairan. Banyak mancing mania yang tertarik dengan ikan ini karena sensasi perlawanan yang diberikannya serasa perlawanan ikan GT bila memancing di laut. Ikan Patin terkenal tak mudah menyerah sampai ke daratan.
umpan mancing ikan patin di kolam,umpan mancing ikan patin,

Hal-hal Singkat Ikan Patin

Sebelumnya para pemancing harus mengetahui apa yang menjadi kesukaan ikan yang satu ini. Mancing mania umpan ikan Patin biasanya disesuaikan dengan makanan sehari-hari yang santapnya di habitat aslinya. Ikan Patin tergolong ikan dengan sifat rakus, apa saja bisa dimakannya. Ikan omnovora ini di alam biasa mencari makanan berupa jenis ikan berukuran kecil, keong air tawar, jenis-jenis udang, serangga air, dan juga tetumbuhan yang hidup di air. Para mancing mania pun kerap juga menggunakan umpan kodok, jangkrik, belalang (buang kaki-kakinya), ulat daun pisang, roti tawar, ubi kayu, buah kelapa sawit dan lain-lain.

Beberapa pemancing ada yang lebih sreg dengan membuat sendiri umpan mancing ikan Patin, tentu dengan memperhatikan bahan-bahan yang disukai oleh ikan nocturnal ini. Untuk sekedar wawasan, berikut mancing mania umpan ikan Patin yang bisa diramu sendiri.

Pilihan Umpan Mancing Ikan Patin

Umpan Patin Yoghurt Telur


Dibutuhkan beberapa bahan sebagai berikut : 2 botol yoghurt plain, 4 butir telur ayam gunakan kuningnya saja, 3 tutup botol kecil essen pandan atau essen pisang, 10 tutup kecil pasta pandan dan 1 sachet fermipan (ragi pengembang untuk membuat roti).


Cara pembuatan : semua bahan diaduk menjadi satu hingga tercampur merata. Tuangkan dalam botol plastik bekas air mineral dan tutup botol rapat-rapat. Biarkan selama 24 jam sehingga terjadi fermentasi. Ramuan umpan siap digunakan. Ambil roti tawar, potong dadu seukuran ibu jari. Lumuri roti tadi dengan ramuan sehingga terlihat lembab. Lumuri juga dengan pasta pandan. Kepal-kepal roti hingga lebih padat, pasangkan ke kail dan umpan siap dilempar. Ramuan umpan bisa bertahan hingga seminggu dengan menyimpannya di lemari es.

2. Umpan Patin Susu Telur

Bahan-bahan yang diperlukan : 1 kaleng susu kental manis, 5 butir telur ayam/itik gunakan kuningnya saja, 5 tutup botol essen pandan, 1 bungkus fermipan, 10 tutup botol pasta coconut dan roti tawar dipotong dadu.
Cara pembuatan : semua bahan dicampur menjadi satu sampai homogen, boleh dengan diblender sehingga rata tercampur. Masukkan adonan ke dalam botol plastik bekas air mineral, jangan sampai penuh. Simpan selama 24 jam sebelum digunakan. Untuk menggunakan caranya sama persis dengan ramuan umpan ikan patin sebelumnya. Ramuan ini masih bisa digunakan hingga 5 hari asal diletakkan di kulkas.

Mancing Mania Umpan Ikan Patin Buatan Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri