Sabtu, 01 Agustus 2015

Pilihan Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh

Ikan Bawal dengan nama ilmiahnya Collossoma macropomum adalah ikan asli sungai Amazon di Brasil. Ikan yang satu ini bentuknya mirip ikan Piranha yang terkenal itu. Memiliki badan pipih agak membulat berwarna keperakan. Lubang hidung besar dengan ujung sirip merah atau kuning. Meski digolongkan sebagai ikan karnivora namun ikan ini pun biasa dipancing menggunakan umpan sayuran maupun buah-buahan. Ikan Bawal sering berkelompok ketika mencari makanan di suatu perairan.
Tips Jitu Teknik memancing,umpan mancing ikan bawal harian, malam hari, besar, galatama, di empang, tawar, bawal dan lele, ikan bawal air tawar,

Mancing Ikan Bawal

Sekilas Habitat Bawal

Ikan bawal memiliki habitat di sungai, waduk, danau dan juga kolam. Berbicara mengenai umpan mancing ikan Bawal yang ampuh ternyata setiap pemancing memiliki andalannya sendiri-sendiri. Ada yang sering memakai umpan cacing, beberapa jenis serangga, potongan kecil tempe dan juga anakan ikan Mas. Ada juga yang mengandalkan umpan berupa buah-buahan seperti buah pisang, mangga, pepaya, jambu biji dan bahkan juga buah kersen. Buah yang hendak dipakai sebagai umpan diiris dadu kecil-kecil kemudian dipasangkan ke kail. Sementara bila menggunakan kersen atau ceri hanya dengan mengupas sedikit kulitnya agar aroma harum buah menyebar di perairan.

Waktu Makan Ikan Bawal


Ikan Bawal memiliki jam biologis makan di pagi dan sore hari. Untuk pagi hari kegiatan mancing Bawal bisa dilakukan mulai jam 5 pagi hingga jam 10. Sementara jam sore hari bisa dimulai setelah jam 3 sore. Biasanya di jam-jam itu melempar umpan seringnya akan sering strike. Kecuali buah, umpan mancing ikan Bawal paling ampuh andalan pemancing adalah bermacam jenis sayur-mayur yang biasanya juga dimakan manusia. Berbagai macam sayur-mayur diantaranya kol, selada dan wortel dapat dijajal untuk pilihan lain umpan memancing ikan Bawal.

Bila dinalar mendalam ternyata kesukaan ikan Bawal memakan buah-buahan dan sayur-mayur bukanlah tanpa alasan. Ikan Bawal sebagai ikan asli sungai Amazon di alam aslinya tentu sering juga memakan buah dan tumbuhan yang hanyut di perairan sungai Amazon dimana kiri kanannya masih berupa hutan lebat. Kecuali itu dalam perkembangannya ketika ikan ini dibudidayakan biasanya juga terbiasa diberi makanan berupa limbah sayuran dan sisa-sisa makanan yang terbuang.

Ramuan Umpan Mancing Ikan Bawal Pilihan

Tak aneh juga jika pilihan umpan mancing ikan Bawal yang lain adalah nasi seperti yang biasa dikonsumsi manusian. Sejumlah pemancing membuat umpan berupa nasi yang dicampur dengan santan instan. Cara membuatnya dengan mencampurkan nasi dan santan kara dalam plastik. Diremas-remas hingga lumat dan membentuk seperti adonan uli. Biarkan selama satu jam dan bru kemudian digunakan sebagai umpan. Buat bulatan kecil atau dipilin menyerupai cacing. Bisa juga dengan mencampur nasi hangat sebanyak 5 sdm dengan 5 tetes essen aroma kepiting atau aroma jagung bakar. Alternatif umpan mancing ikan Bawal yang sering juga digunakan adalah cacing yang dinamakan cacing anakonda.

Pilihan Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri