Sabtu, 01 Agustus 2015

Ramuan Umpan Mancing di Sungai Keruh

Ramuan Umpan Mancing di Sungai Keruh -Memancing bisa dilakukan dimana saja spot yang diinginkan. Pilihannya bisa di laut yang penuh tantangan atau di perairan air tawar seperti di waduk, danau, empang, rawa-rawa atau di sungai. Paling sering dilakukan pemancing adalah di spot sungai baik yang berarus deras maupun tenang. Memancing di sungai pun bisa sangat mengasyikkan dikarenakan banyaknya pilihan target ikan yang bisa didapat. Sebelum memancing ke sungai, setiap pemancing seharusnya mengetahui terlebih dulu kondisi spot yang diincarnya.
Saat kondisi hujan biasanya air sungai berkondisi keruh dengan partikel lumpur teraduk di badan air. Ini tentu akan mempengaruhi jenis umpan yang akan digunakan. Umpan mancing di sungai keruh tentu akan berbeda dengan umpan yang digunakan ketika air sungai jernih. Kondisi air sungai yang keruh selain disebabkan oleh hujan juga dikarenakan terjadinya erosi tanah, pasang naik air laut dan sebab lain. Kondisi air sungai yang keruh akan juga menentukan teknik mancing yang digunakan. Saat air keruh para pemancing biasanya akan mengarahkan kail pancingnya di pinggir sungai yang cenderung tak berarus deras dan tak terlalu keruh. Tekniknya menggunakan pancing berpelampung sebab ikan-ikan cenderung bermain di dekat permukaan air.

Kembali ke umpan yang digunakan, memancing saat air keruh logikanya ikan hanya menggunakan indera penciumannya saja dalam mendeteksi keberadaan umpan. Tentunya umpan mancing di sungai keruh yang paling tepat adalah yang memiliki aroma tajam baik itu amis, wangi ataupun busuk. Makin tajam aroma yang mampu dikeluarkan ikan maka kemungkinan besar akan segera disambar ikan kala air sedang keruh. Berikut beberapa resep yang biasa digunakan di sungai keruh yang bisa dibuat.

Dua Jenis Umpn Air Keruh

Umpan wangi

Bahan-bahan yang diperlukan : 5 tongkol jagung, 1 bungkus paikin biru, 1 kaleng Deho, 1 sachet susu kental manis, 1 sdt Rombooter Weismanj, 10 butir kacang mede, 1/4 balok keju, 4 butir kuning telur bebek, 300 gram kroto, kinoy seperlunya dan 2 helai daun pandan segar.
Cara meramunya : jagung dipipil dan selanjutnya dikukus selama 5 menit. Paikin pun begitu dikukus selama 5 menit namun terpisah dari mengukus jagung. Untuk kacang mede disangrai sebentar, jangan sampai gosong. Sedangkan untul susu, Rombooter Weismanj, Deho, kacang mede, keju dan telur bebek semuanya diblender hingga halus. Lalu campurkan dengan jagung kukus dan paikin kukus. Tambahkan juga kroto dan daun pandan yang kemudian masukkan dalam kantong plastik, ikat dan dikukus selama 45 menit. Terakhir tambahkan kinoy, umpan siap digunakan.

Umpan amis

Bahan-bahan yang digunakan untuk ramuan umpan mancing sungai keruh ke 2 : 4 tongkol jagung manis, 2 sendok makan tepung beras, keju seukuran kotak korek api, 4 butir telur bebek, 1 kaleng Deho dan 200 gram kroto.
Cara meramunya : jagung + tepung beras + keju + telur bebek diblender hingga lumat kemudian dikukus selama 1 jam. Tambahkan Deho dan kroto lalu uleni hingga tercampur rata. Resep buatan untuk sungai keruh siap diajak strike.

Ramuan Umpan Mancing di Sungai Keruh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri