Ramuan Umpan Mancing Ikan Mas Cuaca Hujan

Ramuan Umpan Mancing Ikan Mas Cuaca Hujan -Ikan Mas (Cyprinus carpio) adalah jenis ikan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat tentu sudah mengenal ataus setidaknya pernah mendengar nama ikan Mas. Ikan Mas sangat digemari sebagai ikan konsumsi karena citarasa dagingnya yang gurih lezat. Tak hanya rasanya, kandungan protein hewani di dalamnya pun cukup tinggi dan bisa diandalkan sebagai pemasok kebutuhan protein tubuh. Dibakar, digoreng, dipepes dibuat pindang semua sama lezatnya. Makin asyik jika ikan Mas yang akan dimakan berasal dari hasil memancing.

tips jitu teknik memancing,resep umpan mancing ikan mas,sederhana,pakai pelet,2015,harian,cirata,resep umpan mancing ikan mas air hijau,di kolam,

Ramuan Umpan Mancing Ikan Mas Cuaca Hujan

Pemilihan Spot Mancing

Memancing ikan Mas bisa memilih spot di kolam pemancingan, sungai, waduk, kolam atau danau. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan saat memutuskan pergi mancing adalah faktor cuaca. Ternyata cuaca atau musim pun memberi pengaruh terhadap keberadaan ikan di suatu perairan sebagai habitat ikan Mas. Cuaca biasanya akan memberikan pengaruh terhadap temperatur badan air di suatu perairan. Mancing ikan Mas saat hujan tentu hasilnya akan berbeda dengan memancing saat cuaca sedang terik. Begitupun dengan umpan mancing ikan Mas cuaca hujan akan berbeda dengan ketika dilakukan saat kemarau.

Waktu Tepat Untuk Mancing


Ketika cuaca sedang hujan maka suhu permukaan air cenderung dingin dibanding di dasar. Dengan begitu kadar oksigen terlarut di permukaan air lebih tinggi dibanding di dasar perairan yang hangat. Dengan begitu ikan Mas dan juga jenis ikan lain lebih sering berenang di permukaan air ketimbang di dasar perairan. Meski begitu tiap-tiap species ikan memiliki kemampuan hidup di temperatur perairan yang berbeda-beda. Namun secara umum ikan akan tetap hidup di rentang suhu perairan yang bisa ditoleransinya. Saat kondisi langit berawan biasanya ikan Mas akan lebih agresif dalam mencari makan. Begitupun dengan cuaca gerimis, merupakan saat yang tepat memancing sebab ikan Mas akan banyak berada di permukaan air. Namun hindari ketika hujan deras yang menyebabkan air sungai keruh. Ikan Mas tak akan bisa melihat dan mendeteksi umpan yang dilempar karena insang yang tertutup lumpur.

Unpan Mancing Khusus Hujan

Ketika cuaca hujan sebenarnya bisa saja memancing ikan Mas di sungai atau danau. Namun usahakan membuat umpan mancing ikan Mas cuaca hujan dengan aroma lebih tajam dibanding saat memancing biasa. Aroma tajam bisa mengarah ke lebih wangi atau lebih amis dari umpan saat hari biasa. Salah satu resep umpan ikan Mas yang bisa dibuat berikut ini membutuhkan bahan-bahan berupa : mi instan, keju, kroto, kuning telur bebek matang, pelet ikan Mas, santan kelapa, ubi jalar, essen aroma nangka, susu bubuk dan daging ikan tongkol.

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas

Pertama-tama untuk membuat ramuan umpan mancing ikan mas cuaca hujan blender mi dan pelet hingga halus. Sementara daging ikan tongkol dan ubi jalar direbus hingga matang dan goreng menggunakan santan kelapa. Ubi jalar dan daging ikan tongkol kemudian diblender hingga halus. Keju diparut dan dicampurkan dengan semua bahan tadi. Tambahkan kroto saat akan melempar umpan. Saat memancing ikan Mas cuaca hujan maka gunakan rangkaian pancing berpelampung sebab ikan Mas akan lebih banyak berada di sekitar permukaan air untuk mencari makanan. Gunakan umpan yang cukup besar sehingga tak mudah terbawa arus sungai yang biasanya deras saat hujan.

Postingan populer dari blog ini

Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh

Umpan Pancing Ikan Baung Paling Jitu

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri