Ramuan Umpan Mancing Ikan Patin di Kolam

Ramuan Umpan Mancing Ikan Patin di Kolam -Masyarakat Indonesia kebanyakan menyukai rasa daging ikan Patin yang masih berkerabat dengan ikan Lele dan ikan Gabus. Ikan Patin di Indonesia sendiri ada 2 jenis yaitu ikan Patin lokal yang banyak dijumpai di perairan sungai di Sumatera dan Kalimantan. Sementara jenis yang kedua adalah ikan Patin Siam yang didatangkan dari Thailand. Memancing ikan Patin biasanya dipilih spot berupa sungai atau danau. Namun saat ini banyak bermunculan kolam pancing khusus ikan Patin.
Rasa daging yang gurih dan lezat bila dibanding ikan Lele dan ikan Gabus membuat ikan yang satu ini sering dijadikan andalan menu makanan di rumah makan atau restoran yaitu menu ikan Patin Asam Pedas yang menggugah selera. Kadar protein ikan Patin pun sangat tinggi hampir mencapai 70 persen. Secara morfologis ikan Patin berbentuk memanjang yang bisa mencapai 120 cm dengan warna kulit putih mengkilap sedangkan warna punggung agak kebiruan. Ikan ini pun tak mempunyai sisik seperti juga ikan Lele. Dua pasang sungut menghiasi kedua ujung mulut yang berfungsi sebagai alat pendeteksi makanan dan juga saat berenang. Pada sirip dada terdapat semacam alat penyengat atau patil sebagai sarana bela diri.

Memancing ikan Patin kolam membutuhkan racikan umpan yang bisa dibuat sendiri. Para pemancing bisa bereksperimen sendiri hingga menemukan komposisi umpan yang pas. Umpan mancing ikan Patin di kolam berikut ini mungkin bisa dicoba dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat.

Ramuan Umpan Macing Ikan Patin Kolam

Umpan mancing Patin kolam 1

Bahan-bahan yang diperlukan adalah : 1/2 sendok makan pasta Jeruk Keprok, 1/2 sendok makan pasta Pandan, 1/2 sendok makan essen stroberi, 2 tetes essen almond, 2 tetes essen belut, 2 tetes essen pala, 2 tetes essen susu, 2 sendok makan tepung sagu dan air seperlunya untuk pelarut. Untuk cara membuatnya cukup dengan mencampur semua bahan menjadi satu, larutkan dengan sedikit air sehingga adonan membentuk semacam pasta.

Umpan mancing Patin kolam 2

Bahan-bahan yang dibutuhkan : 2 sendok makan tepung terigu, pasta pandan sesuai kebutuhan, pasta stroberi sesuai kebutuhan, 2 ml essen Bolu, 10 tetes essen Belimbing, 10 tetes essen susu, 8 tetes essen Tenggiri, 1/2 botol essen Jagung, 2 bungkus kecil vanili, air untuk pelarut. Cara membuatnya dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu dan diencerkan dengan air seperlunya untuk membuat adonan kenyal.

Umpan mancing Patin kolam 3

Bahan-bahan untuk umpan mancing patin kolam: 1/2 sendok makan pasta pandan, 10 tetes essen seafood, 10 tetes essen belut, 10 tetes essen pisang, 10 tetes essen nangka, 15 tetes essen durian, 3 sendok makan tepung sagu dan air untuk pengencer. Untuk memprosesnya, semua bahan dilarutkan dalam air secukupnya untuk membentuk adonan serupa pasta yang kalis.

Ramuan Umpan Mancing Ikan Patin di Kolam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri