Resep Umpan Mancing Ikan Air Tawar

Resep Umpan Mancing Ikan Air Tawar -Memancing di perairan air tawar bisa dilakukan di sungai, waduk, danau, empang atau di kolam. Kunci utama berhasil memancing di air tawar adalah pemilihan umpan yang tepat disesuaikan dengan ikan yang dinginkan. Para pemancing harus mengetahui dengan betul umpan yang disukai oleh jenis ikan tertentu, misalnya :
Tips Jitu Teknik memancing,cara membuat umpan ikan air tawar,umpan ikan air tawar terbaik,mancing ikan nila,resep umpan mancing ikan lele,buatan ikan air tawar,ikan air tawar kolam,

Ikan Tawes

Jenis Ikan Air Tawar Yang Bisa di Pancing

Ikan Nila

Termasuk sebagai ikan pemakan segala. Hewan berukuran kecil dan tanaman air adalah makanan kesukaan ikan ini di habitat aslinya. Sementara saat dibudidayakan maka seringnya diberikan pelet atau bekatul.

Ikan Mas

Juga tergolong sebagai ikan Omnivora. Di habitat aslinya ikan ini memangsa binatang air kecil, serangga dan tumbuhan air yang ada diantaranya cacing dan lumut. Ikan Mas adalah salah satu ikan yang banyak dipelihara masyarakat, dengan begitu jenis makanan yang diberikan pun bermacam-macam. Untuk pakan ikan Mas budidaya seringnya diberikan pelet.

Ikan Tawes

Adalah ikan asli Indonesia yang termasuk dalam ikan Herbivora atau pemakan tetumbuhan. Makanannya terdiri dari rerumputan dan lumut yang hidup di seputar tempat tinggalnya.

Ikan Lele

Ikan Lele adalah ikan Karnivora atau pemakan hewan lain. Makanan yang sering dimangsa ikan nocturnal ini adalah hewan-hewan renik diantaranya jentik-jentik nyamuk, kutu air, aneka serangga, keong kecil ataupun cacing. Jika dibudidayakan maka ikan ini pun diberikan pakan berupa pelet dan limbah pembuangan dari peternakan.

Ikan Gurami

Ikan ini termasuk kelompok ikan omnivora tetapi sesudah besar lebih sering melahap jenis tanaman air misalnya jenis azolla, genjer, kangkung dan jenis tanaman air yang lain. Kecuali itu ikan yang satu ini pun kadang diberikan makanan berupa daun pepaya, daun talas dan daun singkong. Mau juga diberikan pelet sebagai makanannya.

Sebelum memancing di air tawar, selain dari jenis-jenis umpan di atas anda pun bisa meracik sendiri umpan yang akan digunakan. Beberapa resep umpan mancing ikan air tawar berikut ini mungkin bisa dicoba sebagai pilihan umpan jitunya.

Umpang Yang di Gunakan

Umpan ikan Amis

Bahan-bahan yang dibutuhkan : keju, 1 kilo putih telur, kroto secukupnya, 1 sendok teh biang susu, 3 sendok makan susu bubuk, 10 ekor udang jerbung, mi instan dan secuil pisang susu.
Cara membuat : Blender semua bahan kecuali kroto dan biang susu. Masukkan kroto dan blender lagi sebentar. Sesudah itu masukkan dalam kantong plastik dan tambahkan biang susu. Kocok-kocok agar merata dan makanan buatan siap digunakan.

Umpan jagung

Bahan-bahan : 10 tongkol jagung muda, 1/3 blok keju, 50 gram singkong, 1/4 butir kelapa muda, 200 gram kroto, Roombutter Weijmans sesuai keperluan dan 1 butir kuning telur bebek.
Cara membuat : Singkong, jagung, kelapa dan keju diparut dan kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya kecuali kroto. Aduk hingga merata, bungkus menggunakan kertas aluminium foil dan kukus selama 2 jam menggunakan api sedang. Angkat dan biarkan mendingin. Umpan Mancing siap digunakan dan taburkan kroto saat akan dilempar ke air.

Resep Umpan Mancing Ikan Air Tawar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri