Selasa, 04 Agustus 2015

Resep Umpan Mancing Ikan Bawal Harian

Ikan Bawal adalah salah satu jenis spesies yang cukup rakus, apapun dimangsanya. Kalangan pemancing ada yang menggunakan umpan colek, usus ayam, irisan daging sapi, kodok dan beberapa jenis yang lain. Dan bila memancing di kolam harian, yang digunkan pun lain pula lagi. Umpan mancing ikan Bawal harian yang kerap digunakan diantaranya adalah : kelomang, tahu, tempe, roti tawar tanpa kulit, cacing kalung, anakan ikan Mas, cere, ulat daun pisang, kepiting sawah, laba-laba, jangkrik bakar, potongan pisang, buah kelapa sawit, kepompong capung, irisan kelapa muda, daging keong sawah, irisan buah nangka, potongan ikan Salmon dan lainnya.
Resep Umpan Mancing Ikan Bawal Harian, umpan mancing ikan bawal malam hari,

Selain yang telah di atas, kita juga pun bisa meracik sendiri ramuan dengan beberapa jenis bahan-bahan dan essen. Essen yang digunakan biasanya menggunakan jenis aroma amis misalnya essen Tenggiri, essen udang dan lainnya. Berikut 2 ramuan yang sering biasa digunakan para pemancing harian.

Dua Resep Umpan Bawal

1. Resep upil


Nama umpan yang aneh, biar begitu pun ini sudah terbukti mampu mendaratkan banyak ikan jenis ini. Bahan-bahan yang diperlukan : 500 gram kacang mede, 250 gram kenari, 250 gram almond, 3 sdm Rombooter weijsman, 1/2 toples kecil ovalet. Ketiga jenis kacang disangrai kemudian dihaluskan dengan blender. Tambahkan Rombooter weisjman dan ovalet. Boleh juga dicampurkan 7 tetes essen Tenggiri. Uleni sehingga adonan menjadi kenyal. Untuk menggunakan buat bulatan-bulatan kecil dan tusukkan ke kail. Agar lebih mengena, gunakan chumming menggunakan kacang tanah yang disangrai dan kemudian diblender. Kepal-kepal kacang tanah tadi dan kemudian lemparkan ke titik pemancingan, biasanya kepalan chumming tersebut akan buyar di air.

2. Resep Nasi bejek

Sediakan kantong plastik ukuran 1/2 kg kemudian isi dengan nasi separoh saja. Gunakan nasi yang masih hangat sehingga tak lengket dan gampang dibejek. Tambahkan 1/4 bungkus santan instan dan bejek-bejek hingga lumat sampai tak terlihat butiran nasi. Tambahkan 7 tetes essen Tenggiri dan remas-remas lagi agar essen tercampur merata. Umpan mancing ikan Bawal harian siap digunakan.

Untuk ukuran matakail pakailah kail nomor 6 - 7 . Buat berbentuk silinder seperti bentuk pelet dan tusukan ke kail sampai tak nampak. DI sarankan nasi bejek ditusuk dengn masih di dalam plastik sebab dikhawatirkan kerna akan terkontaminasi aroma tangan yang menyebabkan umpan tak dimakan ikan Bawal. Jika menginginkan ikan Bawal babon maka buat umpan dengan ukuran besar seukuran ibu jari tangan. Jika ukuran umpan kecil maka biasanya hanya ikan Bawal rame yang akan mendekat. Dan perlu diingat dalam pemberian essen Tenggiri jangan kelewat over sehingga bau yang ditimbulkan tak terlalu menyengat.

Resep Umpan Mancing Ikan Bawal Harian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri