Resep Umpan Mancing Ikan Patin Sungai

Resep Umpan Mancing Ikan Patin Sungai - Ikan Patin sering dipilih sebagai target memancing saat di sungai. Ikan yang lebih aktif di malam hari ini biasa berada di dasar perairan dan membuat lubang persembunyian di sana. Secara alami ikan ini biasa memangsa ikan-ikan ukuran kecil, udang, mollusca air tawar, detritus (biota kecil pengurai sampah di dasar sungai) dan juga tumbuhan air. Bisa dikatakan ikan Patin adalah pemakan segala.
tips jitu teknik memancing,umpan mancing ikan patin di sungai batanghari,di sungai musi,air tawar,di danau,harian,galatama,patin,besar,


Memancing ikan Patin paling tepat jika dilakukan di malam hari sesuai dengan kebiasaan ikan ini mencari makanannya. Selain menggunakan umpan yang biasa dimakan di alam, pemancing pun bisa membuat ramuan umpan Patin sendiri. Untuk itu berikut akan diberikan beberapa resep umpan mancing ikan Patin sungai yang bisa dicoba.

Anda Bisa Mencoba Beberapa Resep Umpan

1. Resep umpan Mancing Patin Kelapa + Tempe

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah : 2 papan tempe yang masih baru (cirinya bila dipegang terasa hangat), 1 butir kelapa tua (boleh yang sudah berkecambah), essen pisang secukupnya.
Cara pembuatan : kelapa diambil santannya dengan cara diparut dan diperas setelah ditambahkan air bersih, tempe diblender hingga halus. Selanjutnya tuangkan santan ke tempe lumat tadi dan aduk-aduk hingga rata. Adonan umpan kemudian dimasukkan ke dalam botol bekas minuman ringan misalnya botol Coca Cola. Isi separuh botol saja dan tutup rapat botolnya. Biarkan terjadi fermentasi selama 3 hari. Setelah 3 hari ramuan umpan ikan Patin siap digunakan. Ambil sedikit dan tambahkan beberapa tetes essen pisang dan umpan siap dilempar.

2. Resep umpan Mancing Patin roti


Untuk umpan yang ini sediakan roti tawar beberapa lembar, tambahkan sedikit air dan blender hingga lumat dan membentuk adonan pasta. Jangan sampai terlalu encer sebab akan sulit dikepal untuk dipasangkan ke kail. Saat akan digunakan memancing, tambahkan essen pandan atau stroberi atau essen pisang. Ikan Patin biasanya menyukai umpan dengan rasa masam sehingga roti pun bisa ditambahkan bahan-bahan asam seperti santan kelapa yang sudah diperam, fermipan atau bahan pengembang roti atau boleh juga ditambahkan buah-buahan dengan citarasa asam.

3. Resep umpan Mancing Patin Susu Keju

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah : 1 sachet susu full cream, 2 blok kecil keju, 2 helai daun serai dan fermipan.
Cara pembuatan : daun serai dirajang kecil-kecil dan bersama bahan lain dimasukkan blender dan dihaluskan. Adonan kemudian dimasukkan ke dalam botol plastik bekas minuman ringan (cuci dulu hingga bersih dan tak meninggalkan jejak rasa minuman). Biarkan terjadi fermentasi selama beberapa hari antara 5 hari hingga 2 minggu. Penggunaan ramuan umpan ini dikombinasikan dengan roti tawar yang dipotong kotak. Olesi roti dengan ramuan tadi sekedar roti terlihat agak basah, kemudian oleskan juga pasta pandan atau pasta stroberi. Umpan mancing ikan patin siap digunakan, terserah mau teknik dasaran atau mengapung.

Resep Umpan Mancing Ikan Patin Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri