Resep Umpan Mancing Patin Sungai

Resep Umpan Mancing Patin Sungai -Ternyata memancing bila dilakukan dengan sepenuh hati dapat meredakan stres akibat beban pekerjaan di kantor yang bertumpuk-tumpuk. Sebagian orang menjadikan memancing sebagai sebuah hobi yang berbiaya murah namun sangat menyenangkan. Kebanyakan memancing dilakukan di perairan air tawar apakah itu, danau, waduk, empang atau di rawa. Ikan air tawar yang yang sering dijadikan obyek pancingan diantaranya adalah patin ynag ada didalam sungai
Secara umum peralatan yang harus dibawa saat berangkat adalah : joran, kenur, reel, timah pemberat, swivel, kail, pelampung, stopper, pelampung, flying lures jika menggunakan teknik Casting untuk ikan predator dan macam-macam umpan. Sebelum memancing dengan target Patin maka kita harus memahami dulu karakteristik ikan yang satu ini. Patin sekilas mirip dengan ikan Lele dan ikan Gabus dan termasuk sebagai ikan demersal atau lebih banyak berada di dasar perairan.

Sifat Ikan Patin Pada Habitatnya

Sifat lain ikan Patin adalah kebiasaannya mencari makan di malam hari saat kondisi gelap (nocturnal) dan bisa digolongkan sebagai hewan air yang rakus dalam hal makanan. Umpan  yang di gunakan biasanya disesuaikan dengan makanan di habitat aslinya yaitu cacing, hewan-hewan air ukuran kecil, serangga sungai, udang, keong dan juga tumbuhan air. Populasinya biasanya sangat banyak saat musim hujan tiba di dasar sungai yang dalam. Umpan mancing Patin sungai pun sebagian pemancing menggunakan pelet, roti tawar dan resep racikan sendiri.Dengan membuat sendiri makanan kesukaan patin sungai, bagi yang masih bingung mungkin bisa menggunakan resep-resep sebagai berikut.

Resep Umpan Mancing Patin Yang Bisa Anda Coba

Resep petama untuk patin

Bahan-bahan : 5 lbr roti tawar, 2 butir telur bebek, 1/2 sdt terasi udang, 5 ons pelet ikan dan air panas sesuai kebutuhan.
Cara pembuatan : menggunakan wadah baskom aduk telur bebek bersama dengan terasi. Berikutnya tambahkan pula roti tawar dan pelet. Tambahkan air panas secukupnya dan diaduk-aduk rata. Tiriskan agar kelebihan air di adonan hilang, umpan sudah dapat digunakan.

Resep kedua untuk  patin

Bahan-bahan : tepung udang, pelet pf 1000, 2 kuning telur rebus, tepung pelet, air panas secukupnya.
Cara pembuatan : campurkan semua bahan dalam baskom, uleni hingga adonan menjadi kenyal. Tambahkan sedikit air panas jika perlu. Setelah adonan kalis itu artinya sudah jadi dan siap untuk digunakan sebagai umpan.

Resep ketiga untuk patin

Bahan-bahan resep umpan mancing patin sungai : 2 blok kecil terasi, 2 sdm madu, 2 genggam pelet pf 1000, 2 potong roti keju, 1 kuning telur rebus dan air untuk melarutkan.
Cara pembuatan : Masukkan semua bahan dalam wadah plastik, uleni menggunakan tangan hingga tercampur rata dan adonan menjadi kalis. Buat bulatan-bulatan kecil seukuran kelereng untuk dipasangkan ke kail.

Resep Umpan Mancing Patin Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri