Teknik Memancing Siakap dan Jenis Umpan yang Digunakan

Teknik Memancing Siakap dan Jenis Umpan yang Digunakan - Nama ikan Siakap hanya ada di negara Malaysia untuk menyebut ikan Kakap putih,yang memiliki nama ilmiah Lates calcalifer dan termasuk dalam kelompok ikan predator. Kakap putih memiliki habitat asli di perairan laut namun saat bertelur dan kawin ikan ini akan menuju sungai. Makanan utama ikan yang satu ini ialah ikan-ikan kecil tak terkecuali juga anaknya sendiri, udang, cacing, jangkrik dan jenis serangga kecil lainnya. Sementara ikan Siakap muda memangsa zooplankton.

Memancing Siakap dan Jenis Umpan yang Digunakan, Memancing siskap kolam,

Bara Mudi Tipe

Ikan dengan nama internasionalnya White Seabass atau Barramundi ini bisa mencapai ukuran panjang 2 meter dengan berat mencapai hingga 2 kuintal. Kakap putih ini adalah salah satu target mancing favorit para pemancing saat memancing di pantai atau laut. Ikan yang dikelompokkan sebagai ikan katadromus (bisa hidup di laut, payau dan air tawar) ini merupakan ikan hermaprodit. Ikan Siakap jantan setelah dewasa akan berganti kelamin menjadi betina. Tak heran jika para pemancing yang berhasil mengangkat target ini selalu memperoleh ikan berkelamin betina.

Bila ada pemeringkatan ikan dengan daya juang paling sengit mungkin ikan Siakap ini juaranya. Ikan ini memiliki kapasitas untuk meladeni tarikan joran para pemancing. Ikan ini pun mampu melepaskan diri dari jaring nelayan dengan jalan merobekkannya menggunakan duri-duri yang sangat tajam di dekat insang. Kakap putih pun menjadi favorit pemancing menggunakan umpan buatan dan di Australia malah digunakan untuk wisata mancing di danau dan kolam. Pemancing cuma memancing menggunakan berbagai lure dan kemudian melepaskannya kembali ke perairan.

Teknik Memancing Siakap

Teknik memancing Siakap yang dilakukan di muara sungai dan di dekat pantai menggunakan umpan berupa udang hidup dengan ngoncer. Umpan udang dipasangkan ke kail di ekornya atau punggungnya, selanjutnya umpan udang dibiarkan berenang bebas. Beberapa tetap menggunakan pelampung, sementara sebagian pemancing lain tanpa pelampung. Jika dilengkapi pemberat maka umumnya menggunakan timah tipis agar udang tetap dapat berenang di dalam air.

Tipikal Ikan Kakap

Tipikal ikan kakap ketika menyambar umpan menyerupai ikan Gabus yakni merupakan menyergap umpan dengan mengendap di bawahnya dan memburunya hingga tertangkap. Teknik memancing Siakap yang lain yakni casting menggunakan umpan palsu, boleh menggunakan bahan lunak dari karet atau umpan keras dari kayu. Tipe menapung atau melayang di permukaan umumnya yang sering digunakan. Sesudah umpan termakan maka biasanya ikan ini akan berupaya dengan sekuat daya untuk meloloskan diri dan berenang menjauh dan adakalanya meloncat hingga terbang ke udara. Inilah yang paling dinanti-nanti para pemancing yang menginginkan sensasi tarikan beralias ikan Kakap putih ini.

Kakap putih gampang dikenali kehadirannya dengan melihat kecipak air ketika memburu mangsanya di permukaan air. Ikan Siakap pun gemar bersembunyi di dekat pepohonan bakau atau menanti mangsa di belakang pohon tumbang atau gundukan tanah yang menyembul dari dalam air.

Teknik Memancing Siakap dan Jenis Umpan yang Digunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri