Teknik Memancing Siakap Kolam dan Tipe Peralatannya

Teknik Memancing Siakap Kolam dan Tipe Peralatannya - Ikan Siakap adalah sebutan populer untuk ikan Kakap putih aka Barramundi. Ikan dengan nama ilmiah Lates calcalifer adalah salah satu jenis ikan dengn nilai ekonomis tinggi sebagai ikan konsumsi. Ikan Siakap memiliki toleransi tinggi dengan kadar garam suatu perairan atau disebut Euryhaline. Ikan yang satu ini pun termasuk golongan ikan katadromous atau besar di perairan tawar sementara kawin di perairan laut. Karenanya ikan ini bisa dibudidayakan baik di laut, di tambak dengan air payau ataupun di kolam air tawar.
cara memancing siakap kolam, kolam, teknik pancing siakap kolam, Teknik Memancing Siakap Kolam dan Tipe Peralatannya,

Pembahasan Tentang Mancing Siakap

Ciri-Ciri Fisik Ikan Siakap

Ciri tubuh dengan sisik besar berwarna putih atau juga gelap ditentukan oleh habitat yang ditinggalinya. Ikan Siakap biasanya memangsa udang dan golongan mollusca seperti keong dan cacing. Melahap juga beberapa jenis ikan kecil yang muat dengan bukaan mulut mereka. Ikan Siakap adalah ikan golongan hermaprodite yang artinya bisa berganti kelamin dimana ikan jantannya sesudah mencapai usia dewasa akan berganti menjadi betina.

Mancing Kolam

Saatnya membahas mancing ikan Siakap di kolam kiloan. Sekarang ini sudah ada beberapa orang yang membuka kolam pemancingan Siakap sistem kiloan. Meski tarifnya cukup menguras kantong namun bagi mancing mania, sensasi bertarung dengan ikan yang satu ini tak bisa dinilai dengan Rupiah. Rata-rata per kg ikan Siakap yang terpancing dihargai Rp.90 ribu dimana seekor Siakap bisa mencapai berat 2 kilo dan bahkan tak jarang hingga 3 kilo. Tinggal dikalikan saja berapa yang harus dibayarkan bila berhasil mengangkat 2 ekor @3 kiloan.

Teknik Memancing

Teknik memancing Siakap kolam yang biasa dilakukan para pemancing adalah dasaran. Sesuai dengan karakter ikan Siakap yang banyak bermain di dasar kolam. Ikan Siakap termasuk ikan yang cukup rakus dan bertipe predator ganas. Umpan mancing Siakap bisa dipakai udang hidup. Cara memasang umpan udang hidup adalah dengan menusukkan kail ke ruas ekor terakhir, namun hati-hati dengan garis merah yang nampak dari luar tubuh udang. Jangan sampai mengenainya sebab akan menyebabkan udang lekas mati.

Sejumlah pemancing ada pula yang menggunakan teknik casting, juga menggunakan udang hidup atau ikan lele mati. Untuk umpan lele mati, menggunakan teknik casting di dalam air ekor lele bisa bergerak-gerak layaknya masih hidup. Teknik memancing Siakap kolam dengan casting memakai umpan Minnow meski bisa namun cukup sulit untuk bisa mendaratkan ikan ini.

Peralatan Memancing

Peralatan perang yang perlu dipersiapkan sebelum memancing Siakap kolam ini adalah joran panjang 180-210 cm, gunakan yang berbahan grafit dengan karakter melengkung mulai tengah hingga ujung (untuk ukuran 2-4 kg). Untuk kail pakai yang terbuat dari bahan karbon berukuran 3/0-7/0. Kenurnya tipe light tackle tipe monofilament kelas 2 - 10 kg. Tipe reel mungkin bisa menggunakan light spinning dengan maksimal 12 ball bearing.

Teknik Memancing Siakap Kolam dan Tipe Peralatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri