Sabtu, 01 Agustus 2015

Tips Mancing Belut Terbesar dan Umpan Yang Digunakan

Tips Mancing Belut Terbesar -Belut adalah jenis ikan konsumsi berprotein tinggi yang lezat digunakan sebagai lauk. Belut memiliki nama ilmiah Monopterus albus ini memiliki habitat di perairan tawar namun mampu hidup meski kadar oksigen terlarut di dalam air terbatas. Ikan ini pun bisa bertahan dengan membenamkan diri ke dalam lumpur. Belut dalam hal makanan dikategorikan sebagai ikan karnivora dan merupakan pemangsa tulen. Belut sering memangsa udang, keong, ikan-ikan ukuran kecil dan juga jenis-jenis cacing.
Tips Jitu Teknik memancing,umpan mancing belut sungai,besar,jumbo,listrik,

Mancing Belut Terbesar

Singkat Tentang Belut

Secara umum habitat Belut adalah perairan berlumpur misalnya area persawahan, saluran irigasi, parit ataupun di tepi sungai. Belut sawah biasanya berukuran kecil-kecil dengan bentuk tubuh langsing, sementara belut sungai umumnya memiliki ukuran besar. Mancing belut terbesar bisa dilakukan dengan memilih spot di tepi sungai. Sebelumnya pemancing harus mengenali dulu lubang-lubang di tepi sungai sebagai tempat persembunyiannya. Ciri-cirinya adalah : mulut lubang biasanya berbentuk bulat dan bagus. Jika mulut lubang berbentuk pipih atau malah tak keruan maka di dalamnya biasanya berisi kepiting. Lubang belut pun kebanyakan tergenang air atau terjadi genangan air naik turun. Ciri lainnya adalah adanya ikan-ikan kecil dari jenis bungkreung atau berenyit di sekitar lubang.

Peralatan Mancing

Untuk mendapat belut terbesar maka bisa digunakan peralatan mancing belut yang bisa dibeli kios peralatan mancing. Namun bisa juga dengan membuatnya sendiri memanfaatkan kawat baja yang terdapat di lapisan dalam ban bekas atau dari kawat telpon. Pancing dari kawat baja biasanya bertekstur elastis namun sangat kuat dan tak gampang bengkok. Boleh pula menggunakan kail dengan ukuran agak besar sehingga cukup kuat. Panjang yang sering digunakan setidaknya 50 cm atau sesuai kedalaman lubang persembunyian belut.

Umpan dan Cara Mancing

Pasangkan makanan yang disukai belut seperti katak kecil (berudu), cacing tanah, ikan-ikan kecil, atau daging siput. Masukkan perlahan tali pancing sambil diputar-putar sehingga bisa masuk lebih dalam ke lubang. Tunggu hingga umpan disambar dan ditarik belut ke lubang lebih dalam. Biarkan saja sebentar agar umpan masuk seluruhnya ke mulut belut dan baru kemudian tali pancing ditarik pelan-pelan hingga kepala belut muncul ke permukaan lubang. Biasanya belut pun akan memberikan perlawanan yang sangat sengit setara dengan ikan GT. Sesaat setelah belut berhasil ditarik keluar, segera pukul dengan benda keras atau dibanting agar belut pingsan dan gampang untuk ditangkap.

Jenis belut yang juga bisa dipancing adalah jenis Moa atau sering disebut ikan Sidat dengan ciri dua telinga di kiri dan kanan kepalanya. Di samping itu seluruh permukaan kulitnya berlendir banyak sehingga cukup licin saat ditangkap. Untuk itu para pemancing biasa menggunakan kain untuk menangkapnya. Namun perlu hati-hati sebab ikan ini memiliki semacam patil beracun. Waktu tepat mancing belut terbesar di sungai bisa dilakukan saat menjelang petang hingga malam hari.

Tips Mancing Belut Terbesar dan Umpan Yang Digunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri