Rabu, 05 Agustus 2015

Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh

Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh - Siapa pemancing yang tak kenal ikan yang satu ini. Ikan Baung, kecuali rasa dagingnya yang gurih juga sensasi yang akan diperoleh saat bertarung dengannya sungguh membuat ketagihan. Ikan asli Indonesia yang hanya terdapat di beberapa wilayah perairan sungai di Jawa, Sumatera dan Kalimantan ini cukup gigih ketika tersangkut kail. Ikan ini memiliki beberapa nama daerah seperti ikan Sengol di Jawa barat, ikan Beong sebutan yang diberikan masyarakat Jawa Tengah, ikan Patik jika di Kalimantan selatan dan beberapa nama daerah lainnya. Ikan ini pun terkenal karena umpan khusus yang digunakan untuk memancingnya, sungai di Sumatera dan Kalimantan paling populer adalah Kucur.

cara mancing ikan baung, tips jitu teknik memancing, umpan mancing ikan baung paling jitu, Umpan Mancing paling ampuh Ikan Baung Sungai,

Jenis Umpan Mancing

Umpan jenis ini sangat terkenal karena baunya yang sangat busuk, namun juga sangat jitu dalam hal mendaratkan ikan Baung. Kucur adalah ramuan umpan ikan Baung yang dibuat juga menggunakan daging ikan Baung ditambah usus ayam atau jeroan kambing serta ditambahkan gumpalan kapas sebagai bahan fillernya. Semua bahan dicampurkan menjadi satu dan dimasukkan dalam sebuah wadah tertutup rapat. Ramuan kemudian mengalami proses pembusukan yang biasanya dengan dikubur di dalam tanah selama beberapa hari sehingga terjadi fermentasi. Setelah beberapa hari, ramuan baru diambil untuk digunakan. Bisa dibayangkan bagaimana bau busuk yang ditimbulkannya.

Kisaran Harga Umpan Mancing


Mungkin sebagian pemancing tak akan tahan berlama-lama memancing ditemani kucur ini, apalagi mau membuatnya sendiri. Namun pemancing kini tak perlu lagi bersusah payah membuatnya sendiri sebab beberapa orang sudah ada yang menjual umpan kucur siap pakai. Dengan merek Kucur Mania umpan ini bisa diperoleh pemancing cukup dengan harga Rp.25 ribu saja. Umpan praktis Kucur Mania yang dikemas dengan berat sekitar 150 gram ini cara pakainya cukup dengan mencuil sedikit kapas di dalamnya. Langsung saja dipasang ke kail dan di lempar ke spot.

Lokasi Memancing

Membahas mengenai spot mancingnya, seringnya ikan ini berdiam di lubuk-lubuk sungai dalam dengan membuat liang di dasarnya. Ikan ini seperti juga keluarga lele-lelean (catfish) yang lain juga lebih aktif di malam hari. Agar memperoleh tangkapan ikan Baung yang banyak maka waktu tepat mancing adalah di malam hari. Di malam hari ikan ini lebih dominan mengandalkan indera penciumannya untuk mendeteksi umpan. Oleh karena itu umpan mancing ikan Baung sungai paling pas memang kucur yang memiliki aroma yang "aduhai" busuknya.

Sebenarnya umpan mancing ikan Baung sungai tak hanya kucur saja. Beberapa pemancing yang tak tahan dengan bau kucur lebih memilih beberapa pilihan umpan lain seperti kodok, cacing, udang, daging keong, ulat belimbing atau ulat daun pisang dan ada juga yang menggunakan jangkrik atau belalang. Namun untuk juaranya tetap saja umpan kucur.

Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri